Darah O Punya Risiko Besar | Opini.id
Next Video

Darah O Punya Risiko Besar

Dalam suatu studi terbaru, ditemukan bahwa orang bergolongan darah O yang mengalami cedera parah, ternyata memiliki kemungkinan kematian tiga kali lebih tinggi dibandingkan pasien dengan golongan darah lainnya.

Studi ini dipimpin oleh Wataru Takayama dari Tokyo Medical and Dental University Hospital, Jepang, dan telah dipublikasikan pada jurnal Critical Care.

Dalam studi ini, Takayama beserta tim membandingkan angka kematian di antara pasien cedera parah yang memiliki golongan darah berbeda.

Para peneliti mempelajari 901 orang pasien yang masuk ke dalam bagian gawat darurat di Jepang antara tahun 2013 dan 2016. Hasilnya adalah mereka menemukan bahwa pasien dengan golongan darah O memiliki tingkat kematian 28 persen. Sementara angka kematian dari pasien bergolongan darah lainnya ketika digabungkan hanya 11 persen saja.

Para peneliti menduga perbedaan ini akibat faktor Von Willebrand, agen pembeku dalam darah, yang kandungannya di dalam golongan darah O lebih rendah dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Komentar (3)
Fresh