Puasa Jangan Salahin Warung | Opini.id
Next Video

Puasa Jangan Salahin Warung

Sejumlah daerah keluarkan kebijakan melarang warung makan buka pada siang hari selama bulan puasa. Alasannya pun terbilang klise, guna menghormati orang yang sedang menjalani ibadah puasa.

Walikota Malang baru-baru ini buat kontroversi terkait kebijakan larang warung buka di siang hari. Sutiaji menetapkan larangan bagi masyarakat untuk tidak makan secara demonstratif saat puasa berjalan. Kebijakan juga menuntut warung makan tidak vulgar dalam melayani pelanggan.

Di Padang juga menghimbau warung non-muslim dipasang spanduk 'Hanya Melayani Non-Muslim'. Bagi warung yang kedapatan tidak memasang spanduk Satpol PP akan bertindak. Pemkot Lebak, Banten juga melarang warung makan buka siang hari.

Presidium Gusdurian Jawa Timur komentari kebijakan-kebijakan tersebut. Menurutnya melarang warung makan saat puasa sudah tak relevan lagi diterapkan. Karena kebijakan seperti ini bersinggungan dengan perilaku intoleransi.

Ia juga menambahkan kalo kebijakan bisa provokasi masyarakat tertentu untuk melakukan sweeping. Padahal ada banyak faktor orang tidak menjalani ibadah puasa, gak bisa disamaratakan.

Aak berpesan kepada masyarakat untuk lebih jauh memaknai ibadah puasa. Karena inti dari puasa adalah menahan nafsu pribadi, bukan melarang orang lain untuk melakukan sesuatu.

Komentar (1)
Fresh