Alfamart Gak Nyumbang Capres | OPINI.id

Alfamart Gak Nyumbang Capres

Lagi-lagi hoax menyerang donasi 100 perak yang biasa ditawarkan kasir minimarket di Indonesia. Kali ini, donasi itu diklaim buat sumbangan kampanye salah satu paslon di pilpres 2019 nanti. Hoax ini beredar melalui foto struk belanjaan seorang warganet. Dalam struk belanja itu, tertera DONASIKU SEMBAKO GRATIS. Jumlah donasi yang dibebankan ke konsumen sebesar Rp 10 ribu. Gambar struk ini kemudian viral di media sosial. Bahkan warganet mengaitkannya sebagai sumbangan untuk salah satu pasangan capres dan cawapres peserta Pilpres 2019. Tapi ternyata ini gak benar alias hoax. Hal ini disampaikan Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Nur Rachman.
Nur Rachman memastikan, bahwa kabar yang viral di media sosial tersebut adalah hoaks.
"Pesan berantai dipastikan HOAX," kata Nur Rachman saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Jumat (5/4/2019).
Menurut Nur Rachman, pihaknya memiliki standar operasional prosedur (SOP) jika menawarkan donasi kepada konsumen. Petugas kasir diwajibkan menanyakan ke konsumen apakah berkenan memberikan donasi.
"Jadi tidak ada sistem potong langsung. Kasir wajib menawarkan dahulu kepada konsumen apakah bersedia untuk berdonasi? Jika tidak, uang akan dikembalikan," ucap Nur Rachman.
Nur Rachman pun menjelaskan perihal gambar struk belanja Alfamart yang vira di media sosial.
"Pada struk belanja yang beredar merupakan salah input seharusnya Rp 100 menjadi Rp 10.000. Dan saat kejadian, pihak kasir langsung menggantinya secara tunai. Konsumen atas nama Ibu Rahmi telah menerima penjelasan dan tidak mempermasalahkan hal itu. Sehingga permasalahan telah selesai," terang Nur Rachman. Kacau nih, masak donasi buat CSR dituduh buat biaya kampanye. Makanya hati-hati kalau foto struk belanja. Kalau sampai dipakai orang jahat buat bikin hoax kan gawat!

Komentar
Fresh