Belajar Dari Kecelakaan Ethiopian Airlines, Jangan Pakai Max8? | OPINI.id
Belajar Dari Kecelakaan Ethiopian Airlines, Jangan Pakai Max8?

Dunia penerbangan kembali berduka. Pesawat Boeing 737 Max 8 milik maskapai penerbangan Ethiopia Airlines jatuh dan menewaskan 157 penumpang beserta awak pesawat. Pesawat Ethiopia Airlines ini memiliki tujuan penerbangan Nairobi, Kenya dan jatuh tak lama setelah lepas landas dari Addis Ababa.

Kecelakaan pesawat ini mendapatkan sejumlah respon bela sungkawa. Mulai dari Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres sampai  dari pemerintah Indonesia. Bahkan Duta Besar RI di Roma sudah bertemu dengan keluarga korban dan menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga korban.

Berangkat dari kecelakaan Ethiopia Airlines inilah, pesawat Beoing 737 Max 8 menjadi perhatian. Di beberapa negara contohnya sudah melarang pesawat Boeing 737 Max 8 untuk beroperasi. Sementara di Indonesia sendiri tercatat memiliki 10 pesawat Boeing 737. Satu diantaranya jatuh dalam nomor penerbangan JT 610, satu buah dimiliki oleh maskapai Garuda Indonesia dan sisanya milik Lion Air.

Beberapa di antaranya bahkan masih beroperasi di Indonesia sampai saat ini. Saat ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum memutuskan meng-grounded pesawat Boeing jenis 737 Max 8. Hanya saja Kemenhub, akan meningkatkan pengawasan terhadap armada Boeing 737 Max 8 yang dioperasikan oleh maskapai tanah air.

Kamu setuju gak pesawat jenis Boeing 737 Max 8 dilarang beroperasi?
Setuju
Tidak setuju
289 votes

Komentar (1)

Fresh