Dampak Buruk Gunakan Standar Samping Terlalu Lama | OPINI.id
Dampak Buruk Gunakan Standar Samping Terlalu Lama

Motor memang kendaraan yang paling diminati banyak orang. Di tahun 2019 ini saja lebih dari 112 juta unit motor beredar di Indonesia. Nah, bicara soal motor, pasti semua motor akan dilengkapi dengan dua standar (jagrak), standar/jagrak tengah dan juga standar (jagrak) samping.  

Namun dari dua jenis standar/jagrak ini, pemilik atau pengguna motor lebih sering dan lebih nyaman menggunakan standar samping saat memarkirkan motornya. Pasalnya saat digunakan standar/jagrak samping ini tidak memerlukan banyak tenaga dan mudah digunakan.

Tapi tahukah kamu, sebenarnya standar/jagrak samping hanya boleh digunakan untuk parkir dalam waktu singkat atau kurang dari 30 menit? Standar atau jagrak samping motor memang tidak direkomendasikan untuk digunakan dalam waktu lama di tempat parkir maupun di garasi rumah.

Seperti dikutip dari mobilku.org, ini dampak negatif yang akan ditimbulkan pada motor jika gunakan standar samping dalam waktu lama :

Rusak/Bengkok. Standar samping memang didesain untuk digunakan sementara atau dalam waktu tidak lama. Jika terlalu sering dipakai berlama-lama, maka standar samping ini bisa bengkok. Jika standar ini bengkok maka posisi motor akan semakin miring dan tidak stabil saat diparkirkan.

Kerusakan Shockbreaker Kiri. Memarkir motor lebih dari 8 jam dengan menggunakan standar samping akan menyebabkan beban motor sekitar 100 kg hanya akan ditopang oleh standar dan juga shockbreaker sebelah kiri. Hal ini bakal bikin usia pakai shockbreaker motor kamu jadi semakin pendek. Kerusakan yang dialami biasanya shockbreaker mudah mati atau shockbreaker mengalami kebocoran. 

Bombastis.com

Kerusakan Rangka Motor. Salah satu pemicu motor tidak seimbang posisi bannya (jika dilihat dari belakang) adalah karena sering menggunakan strandar samping saat parkir lebih dari 8 jam. Rangka motor bisa bengkok atau memuai akan menyebabkan motor jadi tidak seimbang saat digunakan dan rantai juga jadi mudah aus sekaligus sulit di stel saat di service.

Tekanan Angin Ban Berkurang. Saat kamu memarkir motor memakai standar samping, dalam waktu seminggu saja maka tekanan angin pada ban akan berkurang drastis. Hal ini bisa terjadi karena beban motor masih disangga ban sehingga tekanan dari berat motor membuat tekanan angin ban (terutama ban belakang) cepat sekali berkurang.

Motor Mudah Tergelincir. Saat kamu memarkir motor memakai jagrak samping saat tempat parkir tidak rata, kadang motor mundur atau maju sendiri. Jika mendapati tempat parkir yang tidak datar ini sebaiknya kamu gunakan standar tengah. 

Mana yang sering kamu gunakan standar samping atau tengah?
Standar samping, lebih mudah
Bergantian, tergantung sikon
Standar tengah, lebih aman
2854 votes

Komentar (70)

Fresh