Kota yang Dilalui Garis Meridian | OPINI.id
Kota yang Dilalui Garis Meridian

Kita yang tinggal di Indonesia pasti kenal dengan yang namanya garis khatulistiwa atau ekuator. Garis Khatulistiwa adalah garis imajinasi membelah bumi dan terbentang dari timur ke barat pada permukaan bumi dan persis berada ditengah-tengah antara kutub selatan dan utara.

Garis khatulistiwa ini membagi Bumi menjadi dua bagian belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Garis lintang ekuator adalah 0° sedangkan panjang garis khatulistiwa Bumi adalah sekitar 40.070 km. 

Nah kini kita akan membahas tentang kota yang dilalui garis meridian. Apa sih garis meridian ini? Meridian adalah sebuah garis khayal pada permukaan bumi, tempat kedudukan titik-titik dengan bujur yang sama, menghubungkan kutub utara dan kutub selatan. Dengan demikian setiap titik di permukaan bumi memiliki meridiannya sendiri-sendiri.

Sebuah titik di suatu meridian ditentukan posisinya oleh lintang. Setiap meridian selalu tegak lurus dengan lingkaran lintang dan tiap-tiap meridian memiliki panjang yang sama, yaitu setengah dari lingkaran besar bola bumi.

Caption

Istilah 'meridian' berasal dari bahasa Latin, meridies, yang berarti 'tengah hari' (midday dalam bahasa Inggris); Matahari melintasi titik di atas suatu meridian yang merupakan titik setengah jalan lintasannya antara saat terbit dan tenggelam. Akar kata Latin yang sama digunakan juga untuk menyebut istilah A.M. dan P.M. yaitu suatu pernyataan waktu untuk memisahkan jam-jam dalam satu hari ketika dinyatakan dalam sistem 12 jam.

Greenwich  - royalparks.org.uk

Greenwich, London 0°00′ : Kota Greenwich adalah salah satu kota paling terkenal di Inggris. Sejak tahun 1884 kota ini ditetapkan sebagai titik awal perhitungan waktu dunia yang dikenal dengan sebutan GMT (Greenwich Mean Time). Hal ini disebabkan karena Greenwich terletak pada 0 derajat garis bujur. Yang mana titik ini menjadi pangkal garis khayal yang membagi bumi menjadi bagian timur dan barat.

Lome, Togo +1°12′ : Lome merupakan ibu kota Negara Togo, Afrika Barat. Kota ini sekaligus menjadi kota terbesar di Togo. Lome terletak di sisi laut atlantik dan menghadap ke Teluk Guyana. Kota ini merupakan salah satu kota di dunia yang di lewati oleh garis meridian 0 derajat.

 Ouagadougou - booking.com 

Ouagadougou, Burkina Faso -1°32′ : Ougadougou adalah nama sebuah kota yang terletak di Burkina Faso, Afrika Barat. Agar lebih mudah menyebutnya, kota ini sering juga di sebut dengan nama Ouaga. Burkina Faso sendiri merupakan sebuah negara yang termasuk ke dalam salah satu negara termiskin di dunia.

Niamey, Niger +2°6′ : Naimey adalah ibu kota Niger, Afrika Barat. Kota ini juga merupakan kota terbesar di Niger. Penduduk kota ini berjumlah 800,000 jiwa dengan luas wilayah 670 km², sebuah kota dengan tingkap kepadatan penduduk yang tinggi. Kota ini merupakan pusat administratif, budaya, dan ekonomi di Niger.

Paris, Prancis +2°21′ : Kalau sama kota yang satu ini kamu pasti sudah sangat kenal, sebuah kota indah dan romantis. Paris merupakan salah satu kota tujuan wisata para turis yang paling populer di dunia dan merupakan kota yang dilalui garis meridian. Ada sekitar 30 juta pengunjung asing yang datang ke Paris setiap tahunnya.

Accra, Ghana - moxon.net

Accra, Ghana 0°12′ : Accra merupakan Ibu Kota dari Negara Ghana. Kota ini juga merupakan kota terbesar yang terletak di bagian selatan Ghana. Menurut sejarahnya kota ini didirikan pada abad ke 15 sebagai pusat perdagangan Bangsa Portugal.

Madrid, Spanyol  3°41′ : Kamu pasti kenal dengan klub sepakbola besar yang berasal dari kota ini. Madrid merupakan Ibu Kota Negara Spanyol. Kota ini juga di lewati oleh garis meridian 0 derajat pada koordinat 3°41′. Selain punya klub sepak bola yang terkenal, Madrid juga punya beberapa tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi diantaranya adalah Plaza de Ezpana dan The Sorolla Museum.



Komentar

Fresh