Kominfo Imbau Nyepi Tanpa Internet | OPINI.id
Kominfo Imbau Nyepi Tanpa Internet

Hari Raya Nyepi yang merupakan acara peringatan tahun baru Saka berdasarkan kalender Bali akan dirayakan pada hari Kamis tanggal 7 hingga 8 Maret 2019 (tahun Saka 1941).

Warga di Bali yang sebagian besar masyarakatnya menganut agama Hindu, akan menjalankan Catur Brata Penyepian yaitu menjalankan Amati Geni, Amati Karya, Amati Lelanguan dan Amati Lelungaan. Tak hanya itu, semua aktivitas umum juga ditiadakan kecuali untuk rumah sakit.

Guna memberikan kenyamanan dan kekhidmatan umat Hindu di Bali menjalankan Catur Brata Penyepian, maka Menteri Komunikasi dan Informatika telah mengeluarkan imbauan kepada penyelenggara telekomunikasi penyedia layanan akses internet di Provinsi Bali, untuk melaksanakan seruan bersama Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali tahun 2019.

Melalui Direktorat Telekomunikasi Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, mengeluarkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Himbauan Untuk Melaksanakan Seruan Bersama Majelis Agama Dan Keagamaan Provinsi Bali Tahun 2019.

Dalam surat edaran Seruan Bersama tersebut, pada poin lima tertulis: Untuk menyambut Hari Raya Nyepi pada tanggal 7 Maret 2019, mengharapkan agar provider penyedia jasa seluler mematikan data seluler (internet) pada hari Kamis, 7 Maret 2019 pukul 06.00 Wita sampai dengan Jumat, 8 Maret 2019 pukul 06.00 Wita.

Seminyak Bali/kabartoraja.com

Namun, Kominfo mengimbau untuk tetap menjaga kualitas akses internet di objek-objek vital. Artinya, meskipun akses data atau internet dimatikan pada saat Hari Raya Nyepi, Kementerian Kominfo meminta penyelenggara telekomunikasi tetap menjaga kualitas layanan untuk objek-objek vital serta layanan publik.

Selain itu, Kementerian Kominfo juga mengimbau agar penyelenggara jasa telekomunikasi dan masyarakat bisa mencegah atau menghindari potensi tersebarnya isu hoaks dan konten negatif.

Selain itu, penutupan siaran televisi dan radio di Bali selama hari Raya Nyepi pada 7 hingga 8 Maret 2019, benar-benar akan diwujudkan. Kepala Diskominfos Provinsi Bali, I Nyoman Sujaya, dilansir Tribunnews, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pembicaraan dengan Komisi I DPRD Bali dan KPID Bali terkait siaran pada saat Hari Raya Nyepi. Ketiga lembaga ini telah sepakat untuk tidak melakukan siaran pada saat Hari Raya Nyepi baik di televisi maupun radio.

Kamu setuju engga jika hari raya Nyepi tanpa internet?
Setuju aja, lagian cuma 1 hari doang
Mikir-mikir
Ga setuju, serasa zaman purba
79 votes

Komentar (1)

Fresh