Berbagai Moda Transportasi Terintegrasi di Dukuh Atas | OPINI.id
Berbagai Moda Transportasi Terintegrasi di Dukuh Atas

MRT (Mass Rapid Transit) adalah moda transportasi umum terbaru di Indonesia yang akan diluncurkan secara resmi akhir Maret 2019 mendatang. Untuk memudahkan para pengguna transportasi umum, empat moda transportasi di Jakarta meliputi MRT, Commuter Line, Bus Transjakarta, dan Kereta Bandara (LRT) akan terintegrasi di Dukuh, Jakarta Pusat. Pengintegrasian moda transportasi ini dilakukan tentunya untuk memudahkan transit bagi pengguna, bagi mereka yang ingin berganti dari mode transportasi satu ke yang lainnya, misal.

Hal ini pun menjadikan Dukuh sebagai kawasan transit besar di Jakarta, sehingga membutuhkan rekayasa lalu lintas untuk mengoptimalkan akses transportasi umum.

“Beberapa langkah sudah kami lakukan diawali dengan penyesuaian rekayasa lalu lintas di kawasan Dukuh Bawah, dimana kita melaksanakan sistem satu arah untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan yang ada disana.” Jelas Sigit Wijiatmoko, sebagai PLT KADISHUB DKI Jakarta, pada konferensi pers di kantor MRT Jakarta Jumat (1/3) lalu.

Selanjutnya, Pemda DKI Jakarta pun berencana untuk menggunakan ruang kosong di sekitar Jalan Kendal, atau lebih tepatnya di bawah fly over Sudirman sebagai transit-hub yang menghubungkan moda transportasi yang berakhir di Dukuh Atas. Pengerjaan penyesuaian ini, baik penyesuaian fisik ataupun pengalihan arus, baru saja mulai dilaksanakan Minggu, 3 Maret 2019 lalu.

Dengan pembuatan moda transportasi umum yang lengkap, menjangkau daerah yang luas, dan tentunya nyaman, masyarakat diharapkan untuk lebih banyak menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi atau ojek online. Selain harganya yang relatif lebih terjangkau, peralihan ke transportasi umum juga dapat berdampak besar pada kemacetan yang terjadi di Jakarta. Jika volume kendaraan di jalan raya berkurang, pastinya macet juga berkurang, kan? Win-win solution!

Kalian udah mulai naik transportasi umum atau belum guys?
Udah
Belum
3 votes

Komentar

Fresh