Demam Vlogger, Sebenarnya Berapa Sih Gaji Youtubers? | OPINI.id
Demam Vlogger, Sebenarnya Berapa Sih Gaji Youtubers?

Kalian semua pasti tahu sosok Atta Halilintar yang saat ini dikenal sebagai seorang King Youtuber Indonesia karena resmi memiliki 11 juta subscriber dengan kata lain, jumlah subcriber-nya si Atta ini terbanyak di Asia Tenggara. Makanya kemarin Atta dapat penghargaan Diamond Play Button bersama youtuber lainnya yaitu Ria Ricis.

Oke sebelum lanjut ke Atta Halilintar, mending kita fokus dulu kepada pertanyaan awal,seberapa besarkah penghasilan seorang vlogger alias youtubers? Jadi ingat beberapa waktu lalu ada seorang anak kecil yang ditanya cita-citanya oleh Presiden Joko Widodo.

Secara mengejutkan, sang bocah menjawab ingin jadi youtubers. Pasti ada alasannya tersendiri, selain bisa dikenal ngevlog dan jadi youtubers juga bisa menghasilkan penghasilan yang sangat luar biasa sekali. Ambil contoh dari youtuber bernama Bayu Eko Moektito atau kerap disapa Bayu Skak.

Dua tahun lalu, Bayu jadi youtuber pertama dari luar Jakarta yang bisa sabet Gold Button dengan satu juga pelanggan alias subscriber di channel YouTube-nya. Dari situ, dirinya mengakui jika mendapatkan penghasilan rata-rata dari AdSense dan proyek lainnya sebagai YouTuber sebesar Rp 26 juta sebulan. Dari AdSense, Bayu da[at 2.000 dollar.

Banyaknya pendapatan dari AdSense ditentukan oleh cost per mille alias CPM, yakni bayaran yang diberikan ke para YouTuber tiap kelipatan 1.000 view pada konten video mereka. Gokil kan jadi YouTubers. Bagaimana dengan Atta Halilintar yang saat ini punya 11 juta subscriber?

Atta yang punya penggemar yang kerap disapa A-Team ini berhasil mencapai 11,014,622 juta subscriber. Konten video yang dimuat oleh pemilik jargon 'Aysiaaaaap' ini tentang kehidupan sehari-hari, eksperimen sosial, prank,musik, grebek rumah artis atau youtuber hingga kolaborasi dengan para artis atau pun youtuber lain, standar bukan?

Hingga saat ini, terhitung ada lebih dari 394 video yang telah diunggah sejak pertama kali dia membuat vlog di 2016. Dari 394 video tersebut, Atta mampu menjaring 809.188.641 views. Melalui SocialBlade diketahui pendapatan Atta Halilintar yang bersumber dari YouTube sekitar Rp 579 juta hingga Rp 9 miliar per bulan.­

Oh iya sekedar informasi, vlogger itu adalah orang yang membuat konten dan bebas untuk menaruh konten buatannya di segala media sosial. Sedangkan youtubers sendiri adalah pengguna youtube. Hanya saja saat ini sebagian besar aktivitas youtubers disebut sebagai vloggers.

Gimana setelah tahu penghasilan seorang youtubers, tertarik gak nih mencoba?
Sangat tertarik
Tidak tertarik
1833 votes

Komentar (5)

Fresh