Ibunda Mikha Tambayong Meninggal Akibat Autoimun? | OPINI.id
Ibunda Mikha Tambayong Meninggal Akibat Autoimun?

Kabar duka kembali datang dari dunia selebriti Indonesia. Kali ini kabar duka datang dari artis Mikha Tambayong. Ibunda tercintanya bernama Deva Sheila Malaihollo Tambayong, meninggal dunia pada hari Minggu 3 Maret 2019 di RS Premiere Jatinegara, Jakarta Timur.

Penyebab kepergian sang ibunda dari penyanyi dan artis tersebut dikarenakan sedang menderita penyakit autoimun yaitu kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuh sendiri. Kini sang ibunda pun pergi di usia 51 tahun. Banyak kesedihan dan cerita indah yang ditinggalkan oleh sang ibu kepada Mikha selaku anak tunggal.

Sebenarnya apa sih autoimun, apakah penyakit ini berbahaya? Sebenarnya semua penyakit wajib diwaspadai karena bisa mengancam kesehatan dan bahkan menyebabkan kematian. Seperti disebutkan diatas, penyakit autoimun itu adalah penyakit yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh (sistem imun) menyerang sel-sel sehat dalam tubuh kita sendiri.

Penyakit autoimun yang diderita ibunda Mikha Tambayong ini bisa berkembang ketika sistem kekebalan tubuh kita salah dalam menilai sel sehat yang ada di dalam tubuh dan malah menganggapnya sebagai zat asing. Akibatnya, penyakit autoimun ini akan mulau memproduksi antibody yang bisa menyerang dan merusak sel sehat dalam tubuh.

Penyakit autoimun ini bisa memengaruhi hampir semua bagian tubuh, termasuk otak, saraf, otot, kulit sendi, mata, jantung, paru-paru, ginjal, saluran pencernaan, kelenjar dan pembuluh darah. Mengerikannya lagi, sebenarnya ada 80 jenis penyakit autoimun, cuma ada beberapa penyakit ini yang umum terjadi.

Seperti rematik atau radang sendi. Ini juga termasuk penyakit autoimun, soalnya sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibody yang menempel pada lapisan sendi hingga sel imun menyerang sendir dan menyebabkan radang. Lupus juga masuk autoimun, ini adalah penyakit yang juga diderita oleh selebritis Hollywood Selena Gomes.

Selanjutnya ada penyakit psoriasis yang juga termasuk autoimun. Ini adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel kulit baru yang sangat cepat sehingga menumpuk di permukaan kulit. Dan selanjutnya ada radang usus, diabetes mellitus tipe 1, dan skelerosis ganda yang juga termasuk penyakit autoimun.

Seberapa peduli kamu dengan kesehatanmu?
Peduli banget
Biasa saja
Gak peduli
784 votes

Komentar (5)

Fresh