Perbedaan Ambulans dengan Mobil Jenazah | OPINI.id
Perbedaan Ambulans dengan Mobil Jenazah

Masih banyak orang di Indonesia yang kurang memahami perbedaan mobil ambulans dan mobil jenazah. Meski keduanya sama-sama memiliki fungsi memindahkan, tetapi karakteristik dan spesifikasinya sangat berbeda.

Jika kita melihat ke negara-negara lain, mobil jenazah memiliki perbedaan yang signifikan dengan kendaraan transportasi orang sakit. Mobil jenazah yang biasa disebut Hearse ini umumnya mengambil model station wagon dengan satu warna dasar, biasanya putih atau hitam. Sementara, mobil ambulans akan menggunakan kendaraan model SUV, Van atau Truck pickup yang dicat warna mencolok seperti merah atau kuning. 

Baca juga:

    Transportasi.com

    Sedangkan di Indonesia, bentuk dan model mobil ambulans dengan mobil jenazah tak jauh berbeda. Bahkan tidak jarang mobil ambulans 'dipaksa' mengangkut jenazah. Secara fungsi umum, memang mobil jenazah juga bisa saja disebut ambulans dalam arti "untuk tujuan memindahkan." Namun kembali lagi bahwa dari segi karakteristik dan terutama spesifikasinya sangatlah berbeda.

    Mobil Ambulans. Ambulans adalah kendaraan yang digunakan untuk memindahkan pasien. Kendaraan yang biasa disebut ambulans pasien ini dilengkapi dengan peralatan medis yang kondisinya harus selalu steril, karena digunakan untuk mengangkut sekaligus menangani orang sakit atau korban kecelakaan. 

    Ambulans Dasar dan Transport - Ambulanceinterior.com

    Sesuai kondisi dan penggunaan ambulans pasien maka dikenal 3 tingkatan umum yaitu: dasar (basic), transport dan lengkap (lanjutan/advance):  

    1. Ambulans Dasar : digunakan untuk pemindahan pasien dalam keadaan relatif stabil dan aman pada jarak relatif dekat. Dukungan alat dan sarananya tentu bersifat dasar saja. 

    2. Ambulans Transport : digunakan untuk suatu tujuan pemindahan jarak sedang-jauh. Karena kondisinya, tentu dukungan sarana prasarananya juga lebih lengkap daripada ambulans dasar. Bahkan sesuai jarak, dan kondisi pasien, bisa saja ada perlengkapan khusus yang harus disediakan. 

    3. Ambulans Lengkap : digunakan untuk suatu kondisi khusus yang bahkan bisa saja dilakukan tindakan gawat darurat di dalam ambulans bila kondisi pasien mengharuskan demikian. Karena itulah diperlukan dukungan sarana prasarana lengkap dan advance (tingkat lanjut).

    Perbedaan pada ambulans dasar (basic) dan ambulans lengkap (lanjutan) bisa dilihat dari stiker yang terpasang pada badan mobil ambulans: Ambulan dasar (basic) akan memiliki stiker berwarna kuning, sedangkan mobil ambulans lengkap (advance) akan memiliki stiker berwarna merah. 

    Ambulans Lengkap - Ambulanceinterior.com

    Sementara, dalam penyelenggaraan pelayanannya, ambulans terbagi atas 3 (tiga) jenis kendaraan ambulans yaitu ambulans kota, ambulans air dan ambulans udara.

    Setiap penyelenggaraan ambulans paling sedikit melibatkan petugas ambulans yang meliputi satu orang perawat dan satu orang pengemudi (ambulans darat), nahkoda (ambulans air) dan pilot (ambulans udara). 

    Sedangkan untuk pembinaan dan pengawasan pelayanan ambulans dilakukan oleh Dinas Kesehatan masing-masing kota, kabupaten atau daerah melalui Suku Dinas Kesehatan dan/atau Unit Pelayanan Ambulans. 

    Mobil Jenazah. Mobil jenazah adalah alat transportasi yang digunakan untuk mengangkut jenazah dari rumah sakit atau panti menuju rumah duka, maupun dari rumah duka menuju taman pemakaman umum (TPU). 

    Dalam mobil jenazah yang terpenting adalah adanya tempat untuk meletakkan jenazah secara aman dan terhormat. Kemudian ada tempat bagi keluarga bila berkenan mendampingi selama perjalanan jika ada anggota keluarga yang akan mendampingi di mobil jenazah.

    Meski hanya membawa jenazah, namun mobil jenazah juga tetap memiliki persyaratan tertentu. Dimana setiap penyelenggaraan mobil jenazah paling sedikit melibatkan petugas mobil jenazah yang meliputi 1 (satu) orang pengemudi dan 4 (empat) orang petugas pemulasaran jenazah untuk pelayanan angkutan jenazah dari tempat kejadian pertama.

    Sedangkan untuk pelayanan menuju Taman Pemakaman Umum (TPU) maka setiap penyelenggaraan mobil jenazah paling sedikit melibatkan petugas mobil jenazah yang meliputi satu orang pengemudi dan dua orang petugas pemulasaran jenazah untuk pelayanan angkutan jenazah dari rumah, panti, rumah sakit atau rumah duka menuju TPU.

    Sementara itu, untuk pembinaan dan pengawasan pelayanan mobil jenazah dilakukan oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman di masing-masing kota, kabupaten atau daerah. 

    JadiBerita.com

    Jika ambulans pasien digunakan untuk membawa jenazah tentu saja kurang tepat, karena sebenarnya tidak dibutuhkan lagi alat medis dan yang pasti membuat penempatan jenazah maupun keluarga pendamping justru tidak nyaman.  

    Namun bila kondisinya terpaksa jenazah harus dibawa dengan menggunakan ambulans pasien, maka hal yang bisa dan harus dilakukan adalah menurunkan sebanyak mungkin alat-alat medis yang ada di dalam ambulans pasien. Lantaran, alat-alat medis ini harus dalam kondisi steril dan tidak boleh terkontaminasi oleh bakteri maupun virus yang bisa saja dibawa oleh jenazah. 

    Sebelum ini, apakah kamu sudah tahu perbedaan ambulans dengan mobil jenazah?
    Sudah tahu dong
    Baru tahu sekarang
    Belum tahu, ga penting lah
    79 votes

    Komentar (1)

    Fresh