Pahami Perbedaan 3 Jenis Fintech di Indonesia | OPINI.id
Pahami Perbedaan 3 Jenis Fintech di Indonesia

Selama ini, kita mengetahui beberapa jenis lembaga keuangan konvensional seperti: bank, pegadaian, asuransi, dan juga koperasi. Nah, dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat seperti sekarang, ada berbagai jasa keuangan berbentuk aplikasi, lho!

Aplikasi yang menyediakan berbagai jenis jasa keuangan disebut dengan istilah financial technology. Tentu, latar belakang munculnya fintech ini disebabkan oleh adanya inovasi teknologi informasi. 

By the way, apa aja ya guys, jenis dan juga peran financial technology? setidaknya ada 3 jenis fintech di Indonesia. Berikut sontekannya!

1. Risk and Investment Management

Pexels.com

Fintech ini mempunyai peran seperti financial planner digital. Pengguna akan dibantu untuk mendapatkan produk investasi yang paling cocok dengan preferensi yang diberikan.

2. Market Aggregator

Rawpixels.com

Ini merupakan pembanding produk keuangan, di mana fintech tersebut akan mengumpulkan dan mengoleksi data finansial untuk dijadikan referensi oleh pengguna jasa.

3. Peer-to-Peer Lending

Goodfinancialcents.com

Ini dia klasifikasi fintech yang paling terkenal di kalangan masyarakat! Yup, jenis fintech dalam konsep Peer-to-Peer Lending berguna sebagai mediasi yang menemukan investor dengan pencari modal. 

P2P Lending merupakan sebuah layanan yang membantu masyarakat yang mengembangkan usaha mikro dan menengah, sehingga dapat meminjam dana dengan mudah.

Wahhh… baru tahu ternyata fintech terbagi lagi ke dalam beberapa kategori. Semoga info di atas dapat membantu memperluas wawasan kalian tentang industri fintech ya.

Bagaimana pandanganmu mengenai masa depan para startup fintech di Indonesia?
Tumbuh pesat
Hmm gimana ya, positif aja sih
Musiman, satu persatu bakal tumbang
12 votes

Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-life/3-jenis-fintech-di-indonesia/ 

Penulis: Rezakholid

Komentar

Fresh