5 Manfaat Penting Try Out SBMPTN Bagi Siswa | OPINI.id
5 Manfaat Penting Try Out SBMPTN Bagi Siswa

Hayo, kamu termasuk pejuang PTN tahun 2019 bukan? Kalau iya, pastinya mau lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dong?

Tapi, kamu termasuk yang malas mengikuti tryout SBMPTN atau nggak? Eiittss, jangan sampai ya, karena tryout itu sebenarnya ada untuk membantu kamu mempersiapkan diri agar mampu menghadapi ujian SBMPTN.

Berikut ini beberapa alasan kenapa kamu kudu ikut tryout SBMPTN, yuk, disimak!

1. Melatih Diri Menghadapi Ragam Soal SBMPTN

Alasan pertama kenapa kamu harus ikut tryout SBMPTN agar bisa melatih diri kamu untuk menghadapi berbagai ragam soal ujian. Sebab, di SBMPTN, kamu akan menghadapi beberapa tipe soal, seperti Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek, TKD Soshum, dan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).

Tiap jenis soal tersebut pastinya memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Tanpa adanya persiapan matang maka kamu tidak dapat mengerjakan soal SBMPTN itu dengan baik. Meski sudah belajar, tentunya kamu perlu menguji seberapa besar penguasaan materi untuk ujian SBMPTN.

Di situlah fungsi utama tryout SBMPTN, yakni menjadi arena latihan kamu sebelum menghadapi ujian sebenarnya. Tanpa adanya latihan, kamu mungkin saja tidak akan tahu seberapa siapnya kamu untuk ikut SBMPTN.

2. Memetakan Kekurangan Diri

Dari sekian banyak materi belajar SBMPTN pasti ada satu atau dua materi yang menjadi kelemahanmu. Kamu tidak akan pernah tahu bahwa materi itu adalah kelemahan bila tidak mengikuti tryout SBMPTN. Ya, dengan mengikuti tryout tersebut, kamu bisa memetakan kekurangan dan kelemahan penguasaan materi.

Kamu bisa tahu bagian dari tipe soal seperti apa yang menjadi kryptonite-mu atau titik lemahmu. Dengan demikian, kamu bisa memperkuat persiapanmu pada materi itu. Melakukan hal itu tentunya dapat membuat persiapanmu lebih matang dan persentase kelulusanmu di ujian SBMPTN lebih terbuka lebar.

Dari penjelasan itu maka dapat diambil kesimpulan kalau alasan kedua kenapa kamu perlu ikut tryout SBMPTN ialah untuk memetakan kekurangan diri dan mematangkan persiapan menuju ujian sebenarnya. Persiapan yang matang tentunya akan mengantarkan pada keberhasilan.

3. Membantu Melihat Kapasitas Diri

Kamu harus mengikuti tryout SBMPTN lantaran untuk melihat seberapa besar kapasitas dirimu. Sebab, banyak yang memilih suatu jurusan tanpa melihat potensi dan kapasitas diri sendiri.

Dengan mengikuti tryout SBMPTN kamu bisa melihat seberapa besar persentasemu masuk ke suatu jurusan atau program studi (prodi). Hal itu tentunya dapat membantu kamu untuk memilih suatu jurusan yang sesuai dengan kapasitas dirimu.

Kalau kamu salah pilih jurusan, maka kamu akan menjalani kuliah tidak serius dan secara menyenangkan. Untuk itu, jangan sampai salah pilih jurusan! Gunakanlah tryout SBMPTN untuk menemukan seberapa besar kapasitasmu untuk masuk suatu jurusan tertentu.

4. Melatih Manajemen Waktu Ujian

Setiap ujian pasti ada batas waktu pengerjaannya, termasuk pada pelaksanaan ujian SBMPTN. Kalau kamu tidak terbiasa dengan masa tenggat waktu itu maka kamu akan mengerjakan soal ujian dengan terburu-buru.

Untuk itulah hadir tryout SBMPTN. Dengan mengikuti tryout, kamu bisa melatih manajemen waktu agar ujian dapat dilalui tanpa terburu-buru. Selain itu, tryout dapat membantumu membuat strategi pengerjaan soal dengan pemanfaatan waktu secara maksimal.

Kamu jadi tahu soal mana saja yang harus dikerjakan terlebih dahulu di menit-menit awal ujian dan mana soal yang dilihat di akhir. Dengan begitu, kamu bisa mengerjakan banyak soal dalam waktu yang terbatas.

Terlihat kan pentingnya tryout SBMPTN? Banyak yang menyepelekan manajemen waktu pengerjaan ujian. Padahal, dengan manajemen waktu yang tepat maka dapat menentukan seberapa besar seseorang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihannya.

5. Melatih Mental

Mengikuti tryout SBMPTN tentunya akan melatih mentalmu sebelum menghadapi ujian sebenarnya. Mental yang terlatih akan membuat seseorang fokus dalam mengerjakan ujian SBMPTN. Bagi yang tak terlatih maka akan mengerjakan soal ujian SBMPTN secara berantakan dan penuh kepanikan.

Kalau kamu tipe orang yang pesimistis dan selalu merasa tak yakin akan mampu lulus SBMPTN, maka kamu perlu melatih mentalmu dengan mengikuti tryout SBMPTN. Dengan begitu, kamu dapat mendapatkan bayangan seperti apa keadaan lapangan saat ujian SBMPTN dilaksanakan.

Dengan demikian, kamu bisa lebih siap secara mental dan tidak akan merasa gugup saat mengerjakan soal saat ujian SBMPTN nantinya. So, tryout SBMPTN pastinya akan membantu kamu persoalan melatih mental ini.

Itulah beberapa alasan kenapa kamu harus mengikuti tryout SBMPTN sebelum ujian SBMPTN. Jadi, tak ada salahnya kan kamu ikut tryout. Kamu menjadi lebih siap dan lebih mantap untuk mengikuti SBMPTN.

Biar tambah mantap dan makin yakin SBMPTN nya cobain try out online gratis ini yuk https://bit.ly/SBMPTN2019-10. Tenang, nggak harus sekarang banget kok, kamu bisa lihat dan catat tanggalnya jika kamu sudah merasa siap dan yakin untuk ikutan.

Selain itu, tersedia juga info lainnya seperti alur pendaftaran, timeline, hingga daya tampung dan update SBMPTN lainnya, lho. Biar nggak lupa, cek sekarang yuk!

Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/sbmptn/try-out-sbmptn/5-alasan-kenapa-tryout-sbmptn-online-itu-perlu/

Penulis: Muhammad Khairil

Komentar

Fresh