Vitamin Yang Bikin Otak Lebih Produktif | OPINI.id
Vitamin Yang Bikin Otak Lebih Produktif

Suka gak konsen di waktu kerja, sekolah, kuliah atau saat beraktivitas? Itu tandanya kalau kalian lagi butuh yang namanya vitamin. Memastikan otak tetap dapat asupan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkannya, sangat penting bagi semua kalangan usia.

Berbagai jenis vitamin untuk otak bisa kalian dapatkan melalui pilihan makanan yang sehat dengan kandungan gizi berimbang. Nah dari sekian banyak vitamin yang ada, salah satu yang terpenting adalah vitamin B kompleks. Disebut B kompleks karena vitamin B ini punya banyak jenis. Nih berikut adalah beberapa vitamin B yang dibutuhkan otak dan dampak kekurangan vitaminnya.

1. Vitamin B3

Vitamin untuk otak yang pertama adalah vitamin B3 atau niacin. Sangat penting bagi sistem saraf, saluran pencernaan, dan kulit. Vitamin B3 bersifat larut air sehingga tidak bisa disimpan di dalam tubuh. Nutrisi ini bisa diperoleh dari jenis-jenis makanan, seperti produk susu, nasi, telur, roti gandum, ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, ragi, dan sayuran hijau.

2. Vitamin B4

Meskipun tidak sepopuler vitamin B3, vitamin B4 atau kolin juga memiliki beberapa manfaat penting. Manfaat vitamin B4 berperan buat kesegaran tubuh, tingkatkan konsentrasi, juga berpengaruh dengan perkembangan otak, jantung dan hati. Vitamin B4 bisa ditemukan pada madu mentah, biji–bijian utuh, roti gandum dan cengkeh.

3. Vitamin B5

Vitamin B5 punya peran terhadap pelepasan energi dari karbohidrat, protein dan lemak. Selain energi, vitamin B5 berperan terhadap pelepasan hormon adrenal.

Vitamin B5 penting untuk beberapa sintesis seperti sintesis lemak, sintesis sel darah merah, sintesis kolesterol, dan sintesis asetilkolin. Manfaat lainnya dari vitamin B5 adalah dapat membentuk imunitas tubuh. Biasanya vitamin B5 terdapat pada jamur, telur, kalkun, daging sapi dan ikan.

4. Vitamin B6

Buat ngejaga suasana hati dan kewaspaan, ada yang namanya vitamin B6. Vitamin ini berperan dalam produksi serotonin dan dopamin. Banyak makanan yang mengandung vitamin ini, seperti kangkung, kembang kol, lobak, sawi, tuna, dan bawang putih.

5. Vitamin B12

Vitamin B12 berperan dalam pembentukan myelin, yaitu lapisan pelindung serat saraf otak. Vitamin ini bisa untuk melindungi otak dari kerusakan saraf, kehilangan ingatan, menurunnya suasana hati, dan penurunan mental. Vitamin B12 bisa ditemukan pada daging sapi, domba, ikan, dan unggas

Jadi udah tau kan kalo gagal konsen itu kurang apa?
Vitamin
Kurang liburan
407 votes

Komentar (1)

Fresh