7 Aplikasi Ini Bikin Isi Dompet Makin Awet | OPINI.id
7 Aplikasi Ini Bikin Isi Dompet Makin Awet

Kamu pernah merasa enggak sih, kalau urusan uang tuh kadang jadi sumber masalah? Mengelola uang memang gampang-gampang susah. Diperlukan strategi khusus supaya pengaturan uang berjalan dengan lancar. Tapi kalau dipikir-pikir, memangnya sepenting apa sih, mengelola keuangan itu?

Mulai mengelola keuangan secara mandiri dan bertanggung jawab ternyata sangat penting untuk dilakukan sedari usia remaja, lho. Sesuai dengan usia kamu saat ini. Hal tersebut menjadi krusial karena bisa menjadi langkah awal menjadi bijak dalam mengelola keuangan saat dewasa nanti. Ketika dewasa nanti, manajemen keuangan menjadi begitu penting supaya masa depanmu terjamin.

Saat ini pun, pasti banyak kan dari kalian yang sudah mulai dipercaya oleh orang tua untuk mengelola uang sendiri? Tapi sayangnya, enggak semua remaja sudah paham cara mengelola uang yang baik dan benar. Imbasnya, kamu pasti sering kebingungan dalam membedakan antara kebutuhan dan keinginan saat menggunakan uang.

Saat ini, mengelola keuangan sudah gampang banget. Sudah banyak aplikasi untuk mengatur keuangan yang bisa diunduh lewat smartphone. Aplikasi ini nantinya berguna mulai dari mencatat pemasukan dan pengeluaran, hingga membuat perencanaan masa depan. Lalu, apa saja aplikasi untuk mengatur keuangan yang bisa kamu unduh? Simak, yuk!

1. Finansialku

 
Salah satu aplikasi dari dalam negeri yang sangat mudah digunakan. Aplikasi ini memiliki fitur unggulan berupa rencana keuangan untuk keperluan seperti dana pendidikan hingga rencana membeli barang tertentu. Kamu bisa mencatat transaksi yang kamu lakukan, bahkan menambah dokumentasi berupa foto atau lokasi transaksi. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis, langganan Rp35.000/bulan dan Rp350.000/tahun.

2. Mint

 
Mint jadi salah satu aplikasi yang paling populer. Mint menyajikan fitur all-in-one dalam aplikasinya. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur rekening bank, tagihan bulanan, dan mampu mengelompokkan anggaran belanja ke dalam beberapa kategori. Kamu jadi bisa menghitung pengeluaran dan pemasukan bulanan dengan sangat mudah. Tampilan yang ciamik dan penuh warna jadi nilai tambah tersendiri.
 

3. Money Manager

 

Sama dengan yang lain, Money Manager juga bisa membantumu mengatur keuangan dari beberapa akun berbeda. Dari rekening bank, uang tunai, dan kartu pembayaran. Selain itu kamu juga bisa membagi transaksi ke dalam kategori yang berbeda-beda, lengkap dengan persentasenya. Money Manager ditawarkan dalam versi gratis dan berbayar seharga Rp44.000.

4. Monefy

Aplikasi Monefy punya fitur yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu bisa membuat akun yang berbeda untuk kategori uang tunai, rekening bank, atau akun buatan kamu sendiri. Monefy juga bisa mengelompokkan pengeluaran dalam berbagai kategori yang bisa kamu kustomisasi. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu bisa memilih versi gratis maupun berbayar senilai Rp33.000. Dengan versi berbayar, kamu dapat menyinkronkan akun Dropbox atau Google Drive.

5. UangKu

Aplikasi UangKu ini adalah salah satu aplikasi dalam negeri yang patut buat kamu coba. Apalagi kalau kamu baru pertama kali belajar mengatur keuangan. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mematok target tabungan dan pengeluaran selama satu bulan. Aplikasi ini juga bisa menghitung batas maksimal pengeluaran kamu. Jadi, kamu benar-benar bisa mencatat dan membuat rencana pemasukan atau pengeluaran di masa depan.

6. Wallet

Wallet punya beragam fitur yang menarik, seperti menyinkronkan saldo rekening dan transaksi pada akun bank yang kamu miliki. Enggak cuma itu saja, Wallet juga bisa membuat daftar belanja, tagihan bulanan, dan mengekspor data ke dalam berbagai jenis file dengan fitur cloud sync. Kamu juga bisa menentukan financial goals macam apa yang mau kalian raih. Misalnya, keinginan untuk menabung, liburan, atau membeli barang.

7. MyFinance

MyFinance bisa mengelola beberapa akun, merencanakan anggaran masa depan, mengatur biaya tagihan, dan melihat daftar riwayat transaksi secara lengkap. Dengan begitu, kamu benar-benar bisa tahu kemana saja sih uangmu pergi selama ini dan bisa memperbaiki hal yang berlebihan. Aplikasi ini juga punya tampilan yang sangat menarik dan penuh warna.

Nah, itu tadi 7 aplikasi untuk mengatur keuangan yang bisa dengan mudah kamu unduh di ponsel, untuk membantu kalian dalam melakukan pengelolaan keuangan dengan baik dan bertanggung jawab. Karena, “Yang bisa membuatmu kaya bukanlah besaran penghasilanmu, tapi kebiasaanmu mengatur pengeluaran,” -Charles A. Jaffe-. 

Sumber: Quipper Blog

Penulis: Kiram

Komentar

Fresh