SPBU Asing Serbu Indonesia, Hayo Pilih Mana? | OPINI.id
 SPBU Asing Serbu Indonesia, Hayo Pilih Mana?

Pertumbuhan populasi kendaraan bermotor khususnya di Indonesia sangat tidak berbanding dengan tingginya permintaan bahan bakar minyak. Alhasil, ini menjadi alasan kenapa banyak perusahaan-perusahaan minyak mancanegara untuk turut memasarkan BBM di Indonesia.

Mungkin kita gak asing dengan pom bensin Shell dan Total bonjour yang masih bertahan di Indonesia. Sementara itu pom bensin asal Malaysia yaitu SPBU Petronas terpaksa tutup karena penjualannya yang sedikit dan tak bisa menutupi biaya operasionalnya.

Nah, lima tahun kemudian, setelah SPBU Petronas bubar, bisnis SPBU kembali menjadi buah bibir. Ada sekiranya dua pom bensin asing yang mulai mencoba keberuntungannya lagi di Indonesia.

VIVO

PT Vivo Energy Indonesia merupakan anak usaha Vitol Group yang berbasis di Swiss. Perusahaan yang dibentuk di Rotterdam pada 1966 ini adalah pemegang saham terbesar Vivo Indonesia. Gak hanya di Indonesia, Vivo juga sudah beroperasi di Singapura, Belanda, London, Afrika, dan Australia. Sekali lagi, vivo bukan lah spbu yang berasal dari negeri China. Soalnya banyak yang beranggapan di masyarakat kalau pom bensin ini dari China.

British Petroleum (BP)

Nah, di tahun ini ada lagi nih perusahaan minyak asal Inggris BP turut meramaikan pasar BBM di Inodnesia. Lewat usaha patungan atau joint venture dengan perusahaan lokal PT Aneka Petroindo Raya (BP AKR Fuels Retail), BP mengoperasikan 4 SPBU yang tersebar di Cibubur, Jababeka, Serpong, dan Bintaro.

Selain menjual bahan bakar dan pelumas, juga menyediakan area servis kendaraan seperti Castrol Bike Poin, juga coffe shop, mini market, mushala hingga fasilitas wifi gratis.

Kamu sendiri lebih pilih mana nih?
Pertamina & Shell
Total bonjour
Vivo dan British Petroleum
Eceran aja deh
294 votes

Komentar (2)

Fresh