Berkenalan Dengan Kanker Darah yang Diderita Ani SBY | OPINI.id
Berkenalan Dengan Kanker Darah yang Diderita Ani SBY

Musibah bisa datang kapanpun tanpa mengenal siapa kita. Seperti yang terjadi sama istri dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yaitu Ani Yudhoyono. Kini mantan ibu negara presiden RI ke-6 tersebut divonis menderita kanker darah dan sedang menjalani medical treatment di Singapura. Bahkan dirinya kini sedang menjalani pengobatan dan perawatan yang intensif di University Hospital Singapura.

Secara umum di dunia kedokteran dikenal tiga jenis kanker darah. Ketiganya adalah leukemia,myeloma, dan limfoma.  Mengutip dari berbagai sumber, leukemia sendiri adalah kanker yang menyerang sel darah putih. Limfoma adalah kanker yang menyerang kelenjar getah bening, sedangkan myeloma adalah kanker pada sel plasma.

Kanker darah sendiri merupakan jenis kanker yang menyerang jaringan pembentuk darah. Efeknya sendiri akan menyerang pada menurunnya sistem kekebalan tubuh orang yang menderitanya. Dengan kata lain, kanker darah juga menghambat kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Setiap tipe kanker darah memiliki gejala dan juga penyebabnya masing-masing. Hanya saja, secara umum, kanker darah memiliki satu gejala yang nyaris sama. Mengutip berbagai sumber, anemia adalah gejala paling umum dari kanker darah. Penyakit kanker darah juga bisa menyebabkan kelelahan ekstrem. Orang yang mengalami kanker darah juga bisa mengalami sesak napas, pucat, nyeri dada, sampai pusing.

Selain itu, pendarahan di hidung, gusi, luka, pendarahaan hebat saat menstruasi, dan lainnya. Penurunan berat badan melebihi lima persen tanpa diet atau olahraga juga bisa menjadi gejala kanker darah. Pada beberapa kasus menemukan hal-hal seperti usia, faktor genetik, infeksi kronis, penekanan sistem kekebalan tubuh, paparan kemoterapi dan radiasi, serta kelainan darah menjadi beberapa faktor risiko yang memicu timbulnya kanker darah.

Mungkin banyak yang bertanya, kenapa bisa Ani Yudhoyono bisa terkena kanker darah. Seperti diketahui secara umum tidak bisa memvonis jika di setiap tubuh manusia punya sel kanker. Akan tetapi tubuh manusia terdiri dari ratusan miliar hingga triliunan sel. Sel inilah yang bertugas menjalankan beragam fungsi tubuh.  Saat, sel-sel kamu akan terus berkembang dan membelah diri.

Kanker hanya akan muncul kalau terjadi kesalahan pada sistem atau siklus sel Anda. Salah satu sel mungkin membelah diri secara tidak sempurna. Karenanya, sel ini berubah sifat jadi bahaya bagi tubuh. Namun, kesalahan ini bisa jadi tidak terdeteksi oleh sistem imun. Akibatnya, kelainan sel ini dibiarkan berkembang begitu saja. Namun ada beberapa penyebab pemicu munculnya kanker.

  • Faktor genetik
  • Dalam setiap tubuh manusia ada sel yang terdiri dari rangkaian informasi genetik yang sudah ditentukan saat kamu lahir. Maka, bisa jadi ketika lahir tubuhmu sudah punya kelainan sel yang diturunkan oleh orangtua kandung.
  • Faktor karsinogen
  • Ini adalah zat pemicu atau penyebab kanker yang datang dari luar tubuh manusia. Contohnya antara lain adalah radiasi,zat kimia, atau virus. Nah, karsinogen inilah yang akan menyebabkan kerusakan sel yang kemudian berkembang jadi kanker guys.
  • Faktor gaya hidup
  • Tidak ketinggalan gaya hidup juga masuk ke faktor penyebab kanker pada manusia. Terutama kalau kamu selalu mengkonsumsi makanan yang kurang sehat dan juga beraktivitas fisik guys.

Semoga saja Ibu Ani Yudhoyono bisa segera sembuh dan kembali beraktivitas ya guys!

Kamu sendiri termasuk orang suka makan sayur gak nih?
Gak pernah
Iya dong makan sayur
1502 votes

Komentar (2)

Fresh