Menuju 10 Tahun Terhangat Sepanjang Sejarah | OPINI.id
Menuju 10 Tahun Terhangat Sepanjang Sejarah

Pemanasan global bukanlah sesuatu yang dapat kita remehkan. Suka tidak suka, mau tidak mau, fenomena ini sudah terjadi di sekitar kita.

Ganasnya badai salju yang melanda berbagai daerah di dunia ternyata tidak berarti bumi kita ini semakin dingin. Malahan, Met Office (national weather service dari UK), mengatakan bahwa kita sedang mengalami 10 tahun terhangat sejak 1850. Saat ini, suhu bumi diperkirakan naik dengan rata-rata 1 C dari tahun 1850-1900. Bahkan, 5 tahun kedepan suhu tersebut diperkirakan akan terus naik hingga lebih dari 1,5 C. Duh, sekarang aja udah panas banget, kebayang nggak sih gimana panasnya?

Dunia yang memanas ini sangat dipengaruhi oleh pemanasan global dan faktor lainnya seperti El Nino. Untuk mencegah dunia ‘melewati batas’ sebelum tahun 2030, kita harus memutus penggunaan karbon secara besar-besaran. Saat ‘batas’ sudah terlewati, dampak dari pemanasan global akan semakin nyata dan sulit bagi kita untuk menghindarinya.

Ternyata, kenaikan suhu yang terjadi bukanlah hal yang perlu dikagetkan. Para peneliti sudah memprediksi tentang perubahan suhu ini sejak lama.

“Banyak dari perubahan cuaca ekstrem adalah hal-hal yang sudah kita duga dari perubahan iklim. Hal ini adalah sebuah realita yang harus kita hadapi. Menurunkan efek rumah kaca dan adaptasi pergantian iklim harus menjadi prioritas teratas di seluruh dunia.” Kata General Secretary WMO, Petteri Taalas.

Fenomena ini sudah menjadi bukti bagi kita bahwa pemanasan global bukanlah sekadar ancaman, tetapi memang hal yang benar-benar terjadi. Karena itu, kita harus lebih mencintai lingkungan, melakukan cara-cara preventif, dan menyebarkannya ke lingkungan kita. Kalau tidak dimulai dari diri kita sendiri, siapa lagi?

Apa yang ingin kamu ketahui tentang pemanasan global?
Langkah kecil cegah pemanasan global
Penyebab pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari
Dampak konkret pemanasan global
24 votes

Komentar (1)

Fresh