6 Langkah Penting untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu | OPINI.id
6 Langkah Penting untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu

Kesehatan mental bisa menjadi masalah yang berbahaya dan kritis jika diabaikan. Salah satu gangguan yang kerap dialami masyarakat kota besar di era modern adalah depresi yang dapat berpengaruh pada gaya hidup, pola tidur, pola makan, dan produktivitas seseorang.

Apalagi jika terjadi dalam jangka waktu yang lama akan berdampak masalah yang serius. Maka dari itu, yuk lakukan 6 hal ini untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mentalmu.

Kelola Stres. Salah satu alasan utama penyebab depresi adalah stres yang tidak dikelola dengan baik. Banyak faktor yang bisa memicu stres seperti pekerjaan, keluarga, pendidikan, dan hubungan. Penting untuk mengelola semuanya sehingga tidak berlarut memikirkan suatu masalah.

Tidur Lebih Awal. Selalu tidur larut malam akan membuat tubuh dan pikiran menjadi buruk, lalu akan timbul rasa cemas dan mudah lelah karena waktu tidur yang kurang. Maka, mulai biasakanlah tidur lebih awal agar pikiranmu menjadi lebih rileks dan fresh di pagi hari.

Kurangi Bermain Sosmed. Saat ini sosial media sudah melekat dan menjadi kebutuhan sehari-hari, terutama bagi para generasi milenial. Padahal tanpa disadari, salah satu masalah timbulnya gangguan kesehatan mental berasal dari sosmed. Oleh karena itu, batasi waktu bermain sosmed dan sibukkan dirimu dengan berinteraksi langsung dengan teman-temanmu.

Olahraga teratur. Rutin berolahraga bisa menjadi cara mudah untuk menghindari stres dan depresi. Sejumlah studi telah membuktikan bahwa ketika berolahraga, tubuh melepaskan endorfin yang merupakan bahan kimia yang dapat meningkatkan suasana hati seseorang.

Membantu Sesama. Biasakan untuk membantu sesama meski dalam bentuk yang kecil dan sederhana. Pasalnya bisa jadi banyak orang diluar sana yang mengalami kesulitan hidup, tertimpa bencana, atau mengalami depresi, bahkan remaja yang sedang menghadapi masa pencarian jati diri. Hal ini akan membuat kamu menyadari bahwa masih banyak orang yang memiliki masalah yang lebih sulit, mengasah rasa peduli sekaligus meningkatkan rasa cinta kasih pada sesama.  

Tingkatkan Keimanan Pada Tuhan. Tak bisa diragukan lagi, agama memang kunci utama meraih ketenangan dan kesejahteraan hidup. Mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan tingkatkan keyakinanmu bahwa segala masalah yang terjadi kepadamu akan membawa hikmah dan banyak kebaikan yang tak terduga dari-Nya. Dengan keyakinanmu kepada Tuhan, kamu akan selalu bisa bersyukur dan merasa mendapatkan perlindungan dari-Nya serta akan mengurangi rasa khawatir serta cemas berlebih. 

Setuju ga jika saat ini orang lebih memperhatikan kesehatan fisik dibandingkan psikis (mental)?
Setuju banget
Kurang setuju
Ga setuju
58 votes

Komentar

Fresh