Yuk Mulai Peduli Lingkungan Dari Sekarang! | OPINI.id
Yuk Mulai Peduli Lingkungan Dari Sekarang!

Helow…. Tau gak kalau penggunaan plastik sekali pakai itu imbasnya sangatlah besar bagi pencemaran laut?

Kita semua tahu kalau produk plastik sekali pakai bisa berimbas loh sama pencemaran laut dan mampu merusak lingkungan kita. Gak percaya? Hampir setiap tahun sebanyak 1,29 juta metrik ton sampah plastik Indonesia itu berakhir di lautan, sedih kan…

Sampah plastik sudah bukan lagi jadi tanggung jawab pemerintah saja, tapi sudah harus menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai makhluk bumi. Salah satu gerai makanan cepat saji ternama yaitu KFC Indonesia juga mulai ikutan konsen sama permasalahan ini guys. Memasuki usia ke-40 kehadirannya di Indonesia, mereka menghadirkan KFC Untuk Laut Indonesia yaitu sebuah instalasi edukasi. Instalasi yang berisi kondisi laut dan sampah di Indonesia dibuat di KFC Paramount Serpong sejak 2 Februari lalu sampai 3 Maret 2019 mendatang.

Peduli terhadap lingkungan merupakan salah satu tanggung jawab PT Fast Food Indonesia Tbk (KFC Indonesia). Setelah memulai program No Straw Movement pada Mei 2017 lalu, diikuti dengan Budaya Beberes yang bertujuan mengajak seluruh konsumen untuk membereskan sendiri sisa makanan dan membuangnya ke tempat sampah. Budaya Beberes ini merupakan langkah untuk mengajak masyarakat terlibat langsung dalam proses pemilahan sampah juga untuk memberi nilai kenyamanan kepada sesama konsumen.

Tak sampai disitu, KFC akan menjalankan program manajemen sampah. Pada pres conference, Jumat (08/02/2019), Hendra Yuniarto, General Manager Marketing PT Fast Food Indonesia  KFC menjelaskan kerjasamanya dengan pihak ketiga dalam pengelolaan sampah.

"Saat ini KFC sedang mempersiapkan pengelolaan sampah yang lebih baik. Sampah yang dihasilkan gerai dan kantor KFC baik sampah organik maupun sampah kemasan akan dikelola, termasuk dipilah dan didaur ulang untuk menjadi material yang lebih baik dan bermanfaat, aman bagi lingkungan sehingga kami dapat turut andil dalam mengurangi sampah di Indonesia", tutur Hendra.

KFC Indonesia mengajak konsumen untuk mulai melakukan hal kecil dari diri sendiri untuk kebaikan masa depan bumi, khususnya kebersihan laut. Sejak merancang program No Straw Movement 2017 lalu, KFC telah berhasil mengurangi penggunaan sedotan dengan angka yang sangat signifikan. Pada akhir 2017 terjadi pengurangan penggunaan sedotan sebanyak 46% di setiap gerai dan angka tersebut bertambah sejak program diperluas secara nasional pada bulan Mei 2018. Dan hingga akhir 2018, pengurangan penggunaan sedotan di gerai KFC telah mencapai 91%.

Inisiator Divers Clean Action, Swietenia Puspa yang juga hadir dalam pres conference menjelaskan fakta bahwa salah satu produk plastik terbanyak di laut. Pemakaian sedotan di Indonesia mencapai 93 juta batang setiap harinya. Bila seluruhnya direntangkan, maka panjang yang dihasilkan adalah 16.784 km atau sama dengan jarak tempuh dari Jakarta ke Meksiko.

Dalam instalasi KFC Untuk Laut Indonesia, juga digambarkan bagaimana kondisi laut pada 2020 jika kita tidak memiliki kepedulian untuk mengurangi sampah plastik. Sampah yang ada di laut tak semata berasal dari penduduk yang tinggal di sekitar pesisir. Tapi bisa jadi sampah yang sampai ke laut berasal dari kota besar yang justru jauh dari laut. Sampah masuk ke sungai, terbawa hingga ke laut. Dampaknya, biota laut memakan sampah tersebut karena mengira sampah tersebut adalah makanan mereka.

Sementara itu Sean Gelael, pembalap F2 yang juga menjadi Brand Ambassador KFC Indonesia memberikan komentar, " Saya sering sekali menemukan sampah plastik saat saya menyelam di berbagai daerah di Indonesia dan itu sangat menyedihkan bagi saya." Hal ini menyadarkan Sean untuk memulai peduli terhadap lingkungan dan menjadikannya sebagai gaya hidup.

"Menolak sedotan plastik saat kita memesan minuman sudah menjadi kebiasaan saya sekarang untuk turut mengurangi sampah yang sulit didaur ulang," lanjut Sean.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Lebih dari 17 ribu pulau dari Sabang hingga Merauke dengan perbandingan luas daratan dan lautan di Indonesia kurang lebih 2/3 dari wilayah teritorial Indonesia adalah lautan. Sebagai bengsa yang peduli akan kebersihan laut, kita juga bisa menekan penggunaan produk plastik sekali pakai.

Jangan tunggu nanti, kita bisa mulai dari sekarang. Rawat bumi untuk masa depan anak cucu kita.

Kamu sudah memulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai?
Sudah
Belum
Gimana cara mulainya?
8 votes

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

#OpiniKelakuan KFC Indonesia dimaki-maki netijen gara-gara kampanye beberes nampan setelah makan. #huft

A post shared by OPINI.id (@opiniid) on

Komentar

Fresh