Begini Cara Lapisan Ozon Menutup Lubangnya Secara Alami | OPINI.id
Begini Cara Lapisan Ozon Menutup Lubangnya Secara Alami

Lapisan ozon terletak di stratosfer yang merupakan lapisan kedua dari atmosfer (lapisan gas yang melingkupi bumi) dan berada di ketinggian 10 – 50 km di atas kepala kita. Ozon sendiri merupakan gas yang terdiri dari tiga atom oksigen membentuk molekul unsur O3. Lapisan gas ini dapat kita temukan pada ketinggian 20 km dari atas permukaan bumi.

Awal Mula Lubang Ozon Terdeteksi

NASA

Pada 1977, lapisan ini masih baik-baik saja. Baru tahun 1981 mulai terdapat petunjuk bahwa ada sesuatu yang salah. Kemudian pada tahun 1984, para ilmuwan tiba-tiba mengidentifikasi adanya lubang raksasa di lapisan ini.

Ukuran Lubang Menurun

Dw.com

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Science pada 2016 menunjukkan bahwa ukuran lubang ozon menurun sejak tahun 2000 dan sebagian besar karena keberhasilan Protokol Montreal.

Protokol Montreal diberlakukan sejak 1 Januari 1989 yang mana berisikan peniadaan produksi sejumlah zat yang diyakini bertanggung jawab atas berkurangnya lapisan ozon.

Grist.org

Lapizan Ozon Menutup Secara Alami

Tanpa klorin yang terbawa ke stratosfer, ozon dapat terbentuk secara alami. Dengan bantuan sinar UV, molekul O2 dapat terpecah dan bergabung dengan O2 lainnya membentuk O3. Jika klorin tidak mengacaukan proses ini, lapisan ozon suatu hari nanti mungkin bisa kembali normal!

Berdasarkan studi baru tersebut, kondisi lapisan ini mungkin bisa kembali seperti tahun 1980 pada 2040! Oh, iya, ada info menarik untuk kamu, nih. Kamu bisa mengecek kondisi lapisan ozon kita secara real time melalui situs jejaring NASA di https://ozonewatch.gsfc.nasa.gov/!

Meskipun diprediksi lubang pada lapisan ozon mampu menutup kembali, ada baiknya kita tetap bijak dalam menggunakan segala produk yang mengandung klorin, seperti se-simple matikan AC jika tidak digunakan.

Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/mapel/kimia/lapisan-ozon-menutup-dengan-sendirinya/ 

Penulis: Laili Miftahur Rizqi

Komentar

Fresh