Video Ngamuk Ditilang Polisi Malah Jadi Viral | OPINI.id
Video Ngamuk Ditilang Polisi Malah Jadi Viral

Viral pengemudi kendaraan bermotor mengamuk lantaran tak terima ditilang polisi. Padahal kesalahannya cukup jelas.

Kejadian terjadi pada Kamis (07/02/2019) sekitar pukul 6.30 WIB di kawasan BSD, Serpong, Tangsel.

Adi Saputra (20) melanggar  beberapa peraturan yaitu melawan arus, tidak menggunakan helm, tidak dapat menunjukkan SIM dan STNK. Saat itu anggota Satlantas Polres Tangsel Bripka Oky menghentikan motor Honda Scoopy yang ditumpangi pelanggar. Oky lalu menilangnya. Namun, Adi tidak terima dan memarahi Oky.

Tak hanya memarahi petugas yang menilangnya, Adi juga membanting motor dan merusak kendaraan yang dikendarainya. Namun demikian, petugas tetap melakukan penilangan. Polisi juga mengangkut motor Adi.

Selain kasus ini, ada banyak pengendara kendaraan tidak terima saat petugas melakukan penilangan. Biasanya saat terjadi pelanggaran lalu-lintas dan diminta berhenti oleh petugas, pengendara menjadi panik. Saat tak terima beberapa cara pun diupayakan untuk dapat menyelesaikan masalah secepat mungkin. Tapi jangan sampai emosi menguasai, bukannya selesai dengan cepat malah bisa saja menimbulkan masalah baru.

Lalu bagaimana sih sikap kita seharunya saat ditilang petugas saat melakukan kesalahan?

Jangan panik, tenangkan diri terlebih dahulu biar gak emosi. Tepikan kendaraan, matikan dan cabut kunci kendaraan sebelum petugas yang mencabut kunci kendaraan kamu. Siapakan surat-surat, SIM dan STNK. Kenali nama dan pangkat Polantas tersebut. Tanyakan kesalahan kamu, pasal yang dilanggar dan berapa besar dendanya. Minta petugas untuk menunjukkan tabel pelanggaran yang kamu lakukan. Cek apakah benar kamu melakukan pelanggaran tersebut.

Ajukan keberatan dengan sopan jika memang kamu tidak melakukan pelanggaran tersebut dan jangan tanda tangani surat tilang. Namun jika benar kamu melakukan pelanggaran tersebut, tanda tanganilah surat tilang dan jangan ragu untuk bertanya bila ada sesuatu yang kamu ketahui tidak benar pada surat tilang. Jangan mencoba untuk menyuap petugas agar urusan lekas selesai.

Saat kamu mencium gelagat oknum yang tak beres dan mengada-ada untuk menilang tidak sesuai prosedur, kamu bisa melaporkan perilaku oknum polisi tersebut melalui Dinas Penerangan (Dispen) POLRI di nomor telepon (021) 5234017, 5709250 untuk keterangan lebih lanjut.

Berhati-hati di jalan, taat peraturan dan selalu bawa SIM dan STNK.

Kamu termasuk pengendara yang patuh gak?
Patuh dong
Enggak, masih melanggar
419 votes

Komentar

Fresh