5 Kebiasaan Sepele yang Jadi Pemicu Kanker | OPINI.id
5 Kebiasaan Sepele yang Jadi Pemicu Kanker

Hari kanker sedunia diperingati setiap tanggal 4 Februari. Tujuannya untuk mengajak semua orang agar lebih waspada terhadap penyakit yang mematikan ini. Berdasarkan data International Agency for Research on Cancer, terdapat sekitar 18,1 juta kasus kanker baru dan 9,6 juta kematian karena penyakit ini.

Sementara itu, jumlah pengidap kanker di Indonesia berada level yang cukup tinggi. Secara ranking posisinya berada pada urutan kedelapan se-Asia Tenggara dengan rasio sebesar 136.2/100.000 penduduk. Jika dibagi menurut jenis penyakitnya, kanker paru, kolorektal, lambung, hati, dan payudara merupakan kanker yang paling banyak diderita.

Sementara pada anak, leukemia merupakan jenis kanker yang paling banyak menyerang. Leukemia atau kanker darah menduduki peringkat tertinggi kasus kanker pada anak. 

Seperti kita ketahui kanker muncul akibat pertumbuhan tidak normal (tumor), tepatnya dari sel-sel jaringan tubuh. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Setiap orang berisiko terkena kanker dengan  berbagai macam faktor penyebabnya.

Beberapa di antaranya karena genetik, lingkungan, dan gaya hidup. Di samping itu, kebiasaan-kebiasaan yang turut memicu timbulnya kanker yang harus kamu waspadai. Sekilas tampak sepele, namun pengaruhnya justru cukup besar!

Duduk Terlalu Lama. Kanker bukan hanya akan timbul lantaran kebiasaan buruk yang sudah menjadi rahasia umum. Seseorang yang kerap duduk terlalu lama setiap hari, juga berisiko terkena kanker seperti kolon, endometrial, dan paru-paru. Penyebab ini berkaitan dengan kurangnya aktivitas fisik. Bayangkan jika dalam sehari, kamu duduk selama 8 jam untuk bekerja. Otomatis, antioksidan tidak bekerja maksimal sehingga radikal bebas lebih banyak terkandung dalam tubuh.

Konsumsi Gula Berlebihan. Kebiasaan makan atau minum sesuatu yang mengandung banyak gula, tanpa disadari ternyata membahayakan bagi tubuh. Selain menyebabkan obesitas dan diabetes, gula juga ternyata bisa memicu penyakit kanker. Gula adalah makanan favorit sel kanker, maka mengonsumsi gula berlebih, berarti tubuh ikut memberi makan sel kanker. Akibatnya, sel kanker berkembang tak terkendali hingga menimbulkan kerusakan yang serius.

Tidur Dengan Ponsel Menyala. Ponsel memiliki peran multifungsi untuk mempermudah komunikasi dan pekerjaan. Namun disisi lain, ada kekhawatiran mengenai efek radiasinya pada kesehatan. Pasalnya benda ini akan selalu mengeluarkan frekuensi radio saat menerima sinyal. Praktis, meletakkan ponsel dekat kepala, terutama ketika tidur memiliki pengaruh yang besar terhadap risiko kanker otak.

Tidak Menggunakan Sunblock. Jika kamu sering melakukan kegiatan di luar, maka  penggunaan sunblock amatlah penting. Sekalipun hanya ke kantor dengan naik motor misalnya. Menurut Skin Cancer Foundation, penggunaan sunblock atau tabir surya ini bersifat wajib, di musim apapun demi menurunkan risiko kanker kulit. Pasalnya paparan sinar matahari langsung akan menyebabkan radiasi ultraviolet yang bukan cuma merusak kulit, tapi juga merangsang pertumbuhan sel kanker.

Makanan Panas. Makanan atau minuman yang dikonsumsi dalam keadaan terlalu panas, diam-diam kanker akan muncul khususnya pada kerongkongan. Hal ini berkaitan dengan suhu yang tinggi, sehingga kerongkongan bekerja sangat keras menerima makanan tersebut. Organisasi Kesehatan Dunia WHO menghimbau untuk tidak mengonsumsi makan atau minum yang sangat panas.

Tahukah kamu kanker apakah yang paling mudah disembuhkan?
Kanker prostat dan testikular (testis) pada pria
Kanker payudara dan rahim pada wanita.
Keduanya benar
299 votes

Komentar

Fresh