Tren Video Klarifikasi, Siapa yang Nyuruh? | OPINI.id
Tren Video Klarifikasi, Siapa yang Nyuruh?

Bermunculan di laman explore banyak pengguna YouTube, video klarifikasi putusnya Rakry dan Indy pun viral di media sosial. Bagi orang-orang yang sudah mengikuti perjalanan mereka sejak dulu pasti merasa sedih saat mendengar hubungan mereka selesai. Tapi, bagaimana bagi orang yang tidak pernah melihat mereka sebelumnya? Apalagi, video ini mampu meraih 12 juta views hanya dalam waktu 2 minggu saja.

Sebenarnya siapa sih mereka ini? Kenapa, sih, mereka sampai membuat video klarifikasi?

Ternyata, mereka sudah memulai karir YouTube mereka sejak tahun 2017. Channel mereka berisi keseruan dan pengalaman dalam hubungan mereka. Sayangnya, hubungan mereka harus kandas di tengah jalan karena orang ketiga yang hadir dalam hubungan mereka sejak Rakry pindah ke Malang untuk kuliah. Kisah ini telah viral di kalangan followers mereka sejak sebelum mereka membuat video klarifikasi. Banyak netizen yang telah curiga akan kehadiran orang ketiga di hubungan mereka. Karena banyak berita yang simpang siur, mereka pun membuat video klarifikasi.

Setelah viralnya video klarifikasi Rakry dan Indy yang berjudul “Alasan kita selesai…” ini di media sosial, banyak video klarifikasi lainnya yang bermunculan, baik atas hal yang mereka lakukan atau hanya parodi dari video tersebut.

Salah satunya adalah video yang dibuat oleh mahasiswi Universitas Indonesia, yang juga sempat viral di YouTube karena videonya yang berjudul “APA AJA SIH ISI TAS MAHASISWA UI ?!!” menuai komentar-komentar nyinyir netizen sejak di share oleh akun twitter @askmenfess. Banyak netizen yang menganggap bahwa video itu mengandung unsur sombong karena membawa almamater. Netizen berpendapat bahwa isi tas mahasiswa manapun tidak jauh berbeda, kenapa harus bawa nama almamater? Di video klarifikasinya, ia menjelaskan bahwa video itu dibuat murni karena iseng dan tidak ada niatan sama sekali untuk menjatuhkan pihak lain ataupun panjat sosial. Sekarang, judul video itu sudah diubah untuk mengurangi kontroversi yang ada.

Selain itu, ada juga video klarifikasi humor yang dibuat oleh seorang content creator bernama Fauzi Cahya yang terkenal di media sosial youtube dan Instagram, tentang ketidakhadirannya ke acara konser Nissa Sabyan. Ia menjelaskan bahwa ia merasa risih dengan komen netizen soal dirinya yang tidak hadir ke acara tersebut. Padahal, ia telah berniat untuk pergi, tetapi terhalang oleh pekerjaan sampingan yang sangat ia rahasia kan. Pengakuannya cukup mengagetkan karena ternyata selain menjadi content creator ia adalah seorang… Superman. Tidak cukup sampai disitu, ia pun menunjukkan kebolehannya menghilang dan mengubah wajahnya menjadi… Atta Halilintar.

Apa, sih, yang mereka harapkan dari video klarifikasi yang mereka buat? Meluruskan pandangan masyarakat? Popularitas? Hanya mereka yang tahu.

Sebelum baca artikel ini, kamu pernah nonton video mereka gak?
Belum
Pernah
Ngga peduli
3 votes

Komentar

Fresh