Menpora Imbau Nyanyi Indonesia Raya di Bioskop | OPINI.id
 Menpora Imbau Nyanyi Indonesia Raya di Bioskop

Nonton film tapi serasa sedang upacara, mungkin nanti kita semua akan merasakan hal ini. Soalnya nih ada lagi imbauan terbaru. Kali ini datang dari Kemenpora lewat sebuah surat imbauan kepada seluruh pemilik bioskop di Indonesia agar penonton menyanyikan lagu Indonesia raya sebelum film diputar, what?

Sebenarnya ini nonton film apa upacara atau latihan bela bangsa! Seperti dilansir dari detik.com, menurut Sesmenpora Gatot S Dewa Broto , tujuan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum film dimulai hanya untuk mempererat rasa kebangsaan karena suasana sekarang berada di tahun politik.

Nah, imbauan buat seluruh pengelola bioskop di Indonesia ini tertuang dalam Surat Himbauan Kemenpora Nomor 1.30.1/MENPORA/I/2019 tentang Aktivitas Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Sebelum Pemutaran Film. Imbauan ini ditujukan untuk segmentasi generasi muda. Gatot menegaskan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' di bioskop sebelum pemutaran film sekadar imbauan kepada pengelola bioskop. Tidak ada efek hukum dari imbauan tersebut.

"Hanya imbauan saja. Nggak wajib, namanya juga imbauan," tuturnya.

Surat imbauan Kemenpora ini diteken langsung oleh Menpora Imam Nahrawi di Jakarta pada Rabu, 30 Januari 2019. Surat ditembuskan kepada Menko PMK, Menkominfo, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif. Sebenarnya idenya bagus, hanya saja kurang tepat. Soalnya, akan memakan waktu lebih lama lagi jika memang diberlakukan hal ini. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya agar generasi muda cinta tanah air, sedangkan usia penonton di bioskop itu beragam.

Nah kamu sendiri setuju gak nyanyiin Indonesia Raya dulu sebelum film bioskop dimulai?
Gak setuju
Setuju aja
No comment ah!
223 votes

Komentar (5)

Fresh