Sepatu Nike Air Max 720 Dianggap Hina Islam | OPINI.id
Sepatu Nike Air Max 720 Dianggap Hina Islam

Perusahaan sepatu raksasa ini memang syarat kontroversi. Jika sebelumnya dicap mendukung LGBT, kali ini Nike dianggap menghina umat Islam lewat sepatu tipe Air Max, dimana logonya dianggap mirip sekali dengan lafaz Allah. Menurut Saiqa orang yang protes dan membuat petisi, branding Air Max pada siluet baru sol sepatunya mirip kata Allah dalam tulisan Arab.

Alhasil, Nike pun dipaksa untuk segera menarik sepatu-sepatu tersebut dari seluruh store yang ada di dunia. "Ini memalukan dan mengerikan: Nike mengizinkan nama Allah di sepatunya. Hal ini tidak menghormati dan sangat menyerang Muslim serta menghina Islam. Islam mengajarkan bela rasa, kebaikan, dan keadilan kepada semuanya," demikian isi petisi online yang telah ditandangani 6 ribu akun online, seperti dikutip dari kantor berita Rusia, Sputnik News, Senin, 28 Januari 2019.

Soalnya mereka beranggapan kalau logo yang mirip tersebut akan terinjak-injak,ditendang, dan menjadi kotor dengan lumpur bahkan kotoran. Pihak Nike pun segera cepat menanggapi hal ini. Mereka pun segera melakukan klarifikasi terkait tudingan tersebut.

"Nike respects all religions and we take concerns of this nature seriously. The AIR MAX logo was designed to be a stylized representation of Nike’s AIR MAX trademark. It is intended to reflect the AIR MAX brand only. Any other perceived meaning or representation is unintentional.”

Seperti diketahui, ini bukanlah permasalahan pertama bagi Nike. Di tahun 1996 perusahaan ini juga pernah tersandung hal serupa, hanya saja pada waktu itu lewat papan reklame.

Menurut kamu ini mirip lafaz Allah gak?
Mirip
Gak beda banget
7522 votes

Komentar (54)

Fresh