Pemerintah Akan Kaji Izin Motor Masuk Tol | OPINI.id
Pemerintah Akan Kaji Izin Motor Masuk Tol

Sudah lama dinantikan ide semacam ini, ternyata akhirnya muncul juga nih guys! Siapa sih yang gak mau kalau motor diberikan izin untuk masuk tol, mungkin semuanya setuju. Hanya saja tidak semuanya diperbolehkan, ada pengecualiannya. Bicara soal motor, Ketua DPR Bambang Soesatyo tiba-tiba muncul dengan ide seperti ini. Iya mengusulkan agar pemerintah (Jokowi) mulai mewacanakan perizinan penggunaan jalan tol oleh pengguna sepeda motor.

Menurut Ketua DPR yang juga pecinta otomotif ini, pengendara motor punya hak yang sama  dengan pengendara mobil atas jalan bebas hambatan tersebut. Idenya muncul ketika dirinya menghadiri acara bikers di DPR pekan. Bahkan menurutnya, pemerintah sudah waktunya memikirkan fasilitas-fasilitas untuk para pengendara motor. Apalagi jumlah pengendara motor lebih banyak dan tak sedikit.

Bambang mengatakan, jalan tol Suramadu dan Bali bisa jadi contoh kalau jalan bebas hambatan bisa dilintasi motor. Selain itu, sisi positifnya akan mengurangi tingkat kecelakaan di jalan dan lebih tertib dan aman karena satu arah. Idenya pun langsung mendapatkan respon dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono. Pemerintah pun akan mengkaji secara teknis soal motor masuk jalan tol.

"Kalau untuk jalan tol kita harus menyiapkan, dia maksimum kan 230 km harus istirahat. Harus kita pikirkan itu. Ini lagi dikaji secara teknis," kata Basuki di kompleks DPR, Jakarta, Selasa, 29 Januari 2019.

Gak hanya itu saja, dalam Peraturan Pemerintah secara regulasi sudah bisa, seperti di jembatan Suramadu dan di Tol Bali Mandara. Secara regulasi memang iya dan memungkinkan, hanya saja itu jembatan. "Jadi secara regulasi iya, memungkinkan. Tapi kalau itu kan cuman jembatan," kata Basuki.

Secara keseluruhan Kementerian PUPR akan membahas bersama Kementerian Perhubungan dan Badan Pengelola Jalan Tol atau BPTJ. Adapun PP yang mengatur hal itu adalah PP Nomor 44 Tahun 2009 Pasal 38 ayat 1a. Setidaknya ide ini menghapuskan anggapan diskriminasi, dimana kebijakan ini hanya diperuntukan untuk mobil saja.

Kamu setuju gak kalau motor diberikan izin masuk ke jalan tol?
Setuju tapi hanya motor tertentu
Gak setuju bikin semrawut
603 votes

Komentar (10)

Fresh