Pakaian dari Kayu. Ramah Lingkungan atau Sebaliknya? | OPINI.id
Pakaian dari Kayu. Ramah Lingkungan atau Sebaliknya?

Tahu ngga, sih, kalian kalau industri sustainable fashion mengakibatkan 10% emisi karbon global dan menggunakan hampir 70 juta barel minyak tiap tahunnya untuk membuat serat polyester yang membutuhkan lebih dari 200 tahun untuk mengurai?

Banyak aktivis telah membuat kampanye untuk mengurangi pembelian baju, tetapi pola hidup konsumtif yang telah ada sulit untuk dikurangi jika tiap fashion line mengeluarkan model barunya setiap musim. Karena itu, penggunaan bahan yang lebih ramah lingkungan adalah alternatif terbaik untuk permasalahan ini.

Baca juga:

    Pada pertemuan negara yang diselenggarakan baru-baru ini, Ibu Negara Finlandia menggunakan sebuah dress yang dibuat dari pohon birch. Ia menggunakannya untuk mendukung sebuah teknologi baru yang mampu mengurangi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh industri mode. Teknologi ini dibuat oleh para akademisi dari Universitas Aalto di Finlandia yang menggunakan sebuah teknologi berkelanjutan yang dinamakan Ioncell. Mereka mengatakan bahwa prosesnya lebih ramah lingkungan daripada metode pembuatan baju yang biasa dilakukan.

    BBC

    Pasti kalian bertanya-tanya. Bukannya kalau menggunakan pohon malah membuat lingkungan semakin rusak, ya?

    Tentu tidak! Teknologi ini menggunakan sisa-sisa kayu yang sudah tidak digunakan. Salah satunya adalah penggunaan pohon birch yang ditebang memang untuk membuat ruang agar pohon lain dapat tumbuh lebih baik. Selain itu, teknologi ini juga dapat memanfaatkan koran bekas, cardboard, dan tekstil katun bekas untuk membuat dress, scarf, jaket, bahkan pelindung iPad.

    BBC

    Tetapi, inovasi ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya respon positif dari masyarakat. Diharapkan masyarakat akan berpindah haluan dan mulai membeli produk ramah lingkungan ini. Jika hal ini terjadi, maka fashion line lain pun akan mengalihkan penggunaan bahan mereka ke bahan yang lebih ramah lingkungan.

    Apakah kamu setuju dengan inovasi ini?
    Pasti!
    Belum tau, nih
    14 votes

    Komentar

    Fresh