Tetap Sehat dan Bugar Meski Kerja Seharian | OPINI.id
Tetap Sehat dan Bugar Meski Kerja Seharian

Menjalani aktivitas kegiatan kerja sehari-hari seringkali membuat badan jadi gampang mudah capek dan rentan sakit. Apalagi jika kamu seorang karyawan yang bekerja di dalam ruangan, rutinitas kerja bisa membuat pikiran kamu cepat lelah dan stres.

Bukan hanya itu, karena lebih sering duduk di tempat kerja, badan kamu bisa jadi terasa lemah dan lesu. Coba ikuti tips berikut yang jika dilakukan secara rutin akan kamu rasakan manfaatnya.  

Stretching (Peregangan Otot). Setelah bangun, jangan hanya mengecek smartphone di tempat tidur. Bergeraklah melakukan olahraga ringan seperti peregangan tubuh di pagi hari dengan gerakan ringan. Jika sempat, kamu juga bisa melakukan gerakan push-up, sit-up atau jumping jack di kamar tidur. Tak ada salahnya juga pergi berjalan-jalan di sekitar rumah selama 10 menit atau melakukan jogging.

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi. Tubuh yang sehat selalu didukung dengan asupan kebutuhan nutrisi yang tepat dan tercukupi. Maka cukupilah kebutuhan dasar 4 sehat 5 sempurna dalam makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Perbanyak juga mengonsumsi sayur-sayuran. Hindari makanan cepat saji (junk food) karena tidak baik bagi tubuh dan kalau terlalu banyak dikonsumsi, akan membuat tubuhmu rentan sakit.

Minum Air Putih. Rutin dan perbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari akan sangat membantu melancarkan metabolisme tubuh. Menjaga jumlah cairan dalam tubuh akan membantu kamu tetap bugar di kantor. Berbagai manfaat seperti mengurangi pegal-pegal karena kurang bergerak, memperbaiki mood, membuat pikiran lebih fokus, dan menjaga kulit agar tidak kering akan kamu dapatkan dengan minum air secara rutin.

Rajin-rajinlah Bergerak. Tubuh kita memerlukan pergerakan lebih banyak untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga tubuh agar tetap bugar. Dengan lebih banyak bergerak, niscaya kamu dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah dan juga otot yang kaku. Berolahraga di kantor kini tidak lagi memerlukan ruang yang luas, kamu dapat melakukannya bahkan di tempat duduk sekalipun.

Konsumsi Vitamin. Untuk menambah kebugaran tubuh jangan lupa konsumsi Vitamin C. Vitamin ini sangat berguna bagi kekebalan dan daya tubuh. Selain mengonsumsi vitamin C yang banyak beredar di pasaran, kamu juga bisa mengkonsumsi banyak buah-buahan atau sayuran yang tinggi kandungan Vitamin C.

Apakah kamu suka berolahraga sebelum pergi ke tempat kerja?
Ga pernah
Kadang-kadang
Ya suka dong
12 votes

Komentar (1)

Fresh