6 Kondisi Ini Mengharuskan Orang Dewasa Suntik Tetanus | OPINI.id
6 Kondisi Ini Mengharuskan Orang Dewasa Suntik Tetanus

Meski angka kasus tetanus secara umum lebih tinggi dilaporkan pada bayi dan anak-anak, namun penyakit ini tetap dapat menghampiri orang dewasa apalagi bagi yang belum pernah divaksin, khususnya masyarakat yang tinggal di negara berkembang.

Pasalnya hingga saat ini masih banyak orang mengira bahwa suntik tetanus untuk orang dewasa hanya diperlukan jika orang tersebut menginjak paku atau benda berkarat lainnya, guna mencegah tetanus. Padahal, ada beberapa kondisi lainnya yang membuat kamu harus divaksin lagi. Inilah 6 kondisi yang membuat suntik tetanus pada orang dewasa penting dilakukan secara rutin, yaitu:  

  1. Mengalami luka parah atau luka bakar dan belum pernah divaksin. Jika tidak, hal ini dapat meningkatkan risiko tetanus.
  2. Mengidap diabetes dan berisiko tinggi terkena tetanus, apalagi kalau belum pernah divaksin sebelumnya.
  3. Sering kontak langsung dengan bayi di bawah umur 1 tahun, misalnya orangtua, kakek-nenek, hingga pengasuh bayi.
  4. Petugas kesehatan yang sering kontak langsung dengan pasien.
  5. Wanita hamil di trimester ketiga (idealnya saat usia kehamilan 27-36 minggu). Terlebih bagi kamu yang belum pernah mendapatkan suntik tetanus sebelumnya. Hal ini dapat melindungi bayi yang baru lahir dari batuk rejan pada bulan-bulan pertama kelahiran dan menghindari tetanus neonatal yang biasanya berasal dari infeksi saat memutus tali pusat bayi baru lahir.
  6. Baru saja pulih dari penyakit tetanus.

Suntik tetanus perlu diberikan untuk melindungi kamu dari penyakit tetanus yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini ada di seluruh dunia dan terutama bermukim di tanah. Tetanus adalah kondisi kerusakan saraf yang disebabkan oleh racun yang dihasilkan oleh bakteri tersebut.

Vaksin tetanus akan diberikan sekaligus bersamaan dengan vaksin difteri dan pertusis, sehingga disebut dengan vaksin Tdap. Vaksin Tdap ini diperuntukkan bagi anak-anak dan orang dewasa.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), vaksin Tdap diperlukan untuk semua orang dewasa mulai 19 tahun ke atas yang tidak/belum pernah menerima vaksin tersebut. Tidak hanya sekali saja, jenis vaksin ini juga perlu diulang secara rutin setiap 10 tahun sekali. Pasalnya, jenis vaksin ini tidak dapat memberikan kekebalan seumur hidup.

Apakah kamu sudah melakukan suntik tetanus secara rutin?
Sudah
Lupa-lupa inget
Belum
1 votes

Komentar

Fresh