Demo Buruh Morowali Dipelintir Jadi Hoax TKA China | OPINI.id
Demo Buruh Morowali Dipelintir Jadi Hoax TKA China

Sentimen terhadap TKA (tenaga kerja asing) asal China terus saja digoreng para pembuat hoax. Terakhir beredar foto dan video kerumunan massa menggunakan helm warna kuning yang disertai narasi ribuan TKA China keluar persembunyian akibat banjir di Sulawesi. 

Padahal, video tersebut ternyata peristiwa demo buruh yang terjadi Kamis (24/1/2019), di PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Morowali, Sulawesi Tengah. Demo yang dilakukan oleh para pekerja lokal itu menuntut kenaikan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK) sebesar 20 persen.

Ya, kayak demo-demo buruh biasanya di Jakarta atau kota-kota besar lainnya gitu deh.  Seperti dilansir Antara Sulteng, sekitar 1000 buruh PT IMIP mogok kerja menyusul gagalnya kesepakatan tripartit antara Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Morowali, pihak perusahaan, dan serikat buruh.

Semua buruh yang demo adalah karyawan lokal. Demo tersebut juga tidak ada kaitannya dengan banyaknya keberadaan TKA China di kompleks pertambangan tersebut. Sampai-sampai Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri pun bikin klarifikasi di Twitter.

Saat ini, PT IMIP mengelola kawasan industri berbasis nikel di Morowali. Ada 10 perusahaan yang beroperasi di sana. Mempekerjakan total karyawan sekitar 25.000 orang dengan TKA China sekitar 3.000 orang. PT IMIP memang dapat investasi besar dari China patungan Tsinghan Group dari Tiongkok dan Bintang Delapan Grup dari Indonesia.

Isu TKA China kerap kali diangkap setiap ada topik pertambangan di Morowali. Bahkan sempat dihembuskan adanya 10 juta orang China. Gak sedikit yang mempercayainya walaupun secara logika tidak masuk akal.

Produsen hoax di media sosial gencar bener ya. Gak kenal lelah. Setiap hari ada saja bahan buat menggoreng peristiwa menjadi cerita bohong yang memancing komentar kasar hingga SARA. Makan apa sih bisa selalu bikin hoax?

Kira-kira kenapa banyak orang yang mudah tertipu hoax?
Ketauan cerdasnya aja
Kurang pergaulan
Karena gampang baperan
Faktor IQ
1383 votes

Komentar (16)

Fresh