Gara-Gara Beda Pilihan Politik, Dua Makam Harus Dibongkar | OPINI.id
Gara-Gara Beda Pilihan Politik, Dua Makam Harus Dibongkar

Pada pemilihan umum legislatif maupun Pemilihan Presiden, perbedaan pilihan politik seharusnya jangan sampai menimbulkan konflik maupun perpecahan. Namun sayangnya, perbedaan pilihan politik pada pemilihan caleg di Gorontalo justru membuat sebuah keluarga berseteru.

Dua makam harus dibongkar dan jasad yang sudah terkubur bertahun-tahun terpaksa diangkat dan dipindahkan hanya karena keluarga berbeda pilihan caleg dengan pemilik tanah pemakaman yang masih sepupu almarhum. Peristiwa ini dinilai telah mengoyak rasa kemanusiaan. 

Hal ini disampaikan Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas, Minggu (13/01/2019), politik seharusnya menjadi sarana untuk meningkatkan harkat dan martabat kemanusiaan, ini justru mematikan rasa kemanusiaan itu sendiri.  

Ia menilai peristiwa tersebut menunjukkan masih adanya sikap yang memahami politik hanya sebagai sarana mendapatkan kekuasaan. Hubungan kekerabatan pecah, persahabatan retak, tetangga dikategorikan sebagai lawan. Semua disandarkan satu hal, yakni kesamaan pilihan politik.

Sementara itu, seperti dikutip dari Sindonews, Analis Politik IndoStrategi Arif Nurul Imam menilai makam dipindahkan hanya karena beda pilihan caleg merupakan bentuk ketidakdewasaan politik.

Menurutnya, ketidakdewasaan politik semacam itu kadang juga ditunjukkan oleh perilaku elite yang kemudian ditiru oleh masyarakat awam. Untuk itu, perlu pendidikan politik agar masyarakat bisa lebih dewasa dalam politik, termasuk menyikapi perbedaan pilihan caleg.

Pembongkaran makam dan pemindahan jenazah ini terjadi di Dusun II Desa Toto Selatan, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, pada Sabtu (12/1/2019).  Dua makam yang dibongkar adalah makam Masri Dunggio yang sudah dikubur 26 tahun lamanya. Kemudian makam Siti Aisyah Hamsah yang baru berumur satu tahun. Keduanya adalah kakek dan cucu yang masih ada hubungan kekerabatan dengan pemilik tanah pemakaman. 

Perbedaan pilihan politik seringkali menimbulkan tindakan-tindakan negatif, apa penyebabnya?
Kurangnya wawasan dan pengetahuan
Terlalu fanatik
Kurangnya kedewasaan sikap
Ketiganya bisa jadi penyebab
422 votes


Komentar (3)

Fresh