6 Material Termahal, Lebih Mahal dari Emas | OPINI.id
 6 Material Termahal, Lebih Mahal dari Emas

Meski seringnya kita menganggap bahwa benda paling mahal di dunia adalah emas, tapi rupanya ada lagi material lain yang lebih mahal harganya. Bahkan emas tak masuk dalam 10 besar daftar material termahal dunia karena hanya menempati peringkat ke-16.  

1. Taaffeite, adalah batuan berharga yang menempati posisi ke-5 material termahal sedunia. Batu cantik ini memiliki perpaduan warna ungu, pink, merah dan putih yang sangat indah. Sayangnya batu ini masih kalah populer dengan berlian. Taaffeite memiliki harga USD 20 ribu per gram.

2. Tritium, senyawa Hidrogen-3 (simbol kimia ditulis T atau 3H) ini bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai lampu 'abadi'. Pada dasarnya, Tritium adalah senyawa Hidrogen yang telah berubah menjadi zat radioaktif secara alami akibat radiasi matahari, sehingga sangat jarang ditemukan di alam. Senyawa Tritium dibanderol dengan harga USD 30 ribu per gram.

3. Berlian, batu paling terkenal dengan keindahannya ini menempati posisi ke 3 sebagai material termahal di dunia. Batu cantik yang disebut-sebut sebagai sahabat wanita ini dibanderol USD 55 ribu per gram. Selain digunakan sebagai perhiasan, bongkahan kecil berlian juga bisa digunakan buat melubangi batu dan memotong kaca. Bahkan, elektroda yang ada dalam berlian dapat dimasukkan ke dalam retina mata yang membuat orang buta mampu melihat kembali.

4. Californium 252, posisi benda termahal di dunia yang berada di posisi ke-2 ditempati oleh Californium (simbol kimia ditulis Cf). Zat kimia yang sebenarnya berbahaya dan mematikan ini dibanderol dengan harga super mahal dan tak masuk akal yaitu USD 27 juta per-gram-nya. Ini adalah salah satu unsur kimia yang paling mahal yang pernah ada.  Secara umum, Californium bisa dipakai untuk kebutuhan medis, reaktor nuklir, dan juga perminyakan.

5. Buckminsterfullerene, namanya susah dibaca ya? hehe, tapi kamu bisa menyebutnya dengan sebutan Bucky Ball. Bucky Ball adalah material yang memiliki kandungan 60 atom karbon dengan atom nitrogen di dalam partikelnya. Salah satu kegunaan material ini adalah untuk membuat jam atom kecil yang digunakan buat navigasi GPS. Harga material ini mencapai USD 150 juta per gram.

6. Antimatter, posisi pertama dalam material paling mahal sedunia ditempati oleh Antimatter.  Secara teori Antimatter adalah bahan bakar untuk wahana antariksa di masa depan. Material ini, bila bertemu dengan partikel yang menghasilkan energi besar bisa menghancurkan apapun. Untuk memproduksi hanya satu miligram Antimatter, dibutuhkan biaya miliaran rupiah. Pasalnya material ini memiliki harga USD 62,5 triliun per gram-nya, kalau dikonversikan ke rupiah, silakan hitung sendiri aja ya, hehehe.

Benda apapun bisa menjadi mahal jika jumlah permintaannya (demand) lebih besar dari supply-nya?
Bener banget
Bisa iya, bisa juga engga
Ga ah
168 votes

Komentar (1)

Fresh