Aromaterapi Sebagai Penyeimbang Hidup | OPINI.id
Aromaterapi Sebagai Penyeimbang Hidup

https://womantalk.com/health-fitness/articles/5-wangi-aromaterapi-yang-populer-bagi-kesehatan-xONv8

Aromaterapi adalah salah satu cara untuk menikmati manfaat dari minyak esensial yang diekstrak dari berbagai tumbuhan seperti tanaman obat, bunga, herbal, akar, dan buah untuk meningkatkan kesehatan secara fisik maupun psikis. Aromaterapi dipercaya sebagai penyembuh alami yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri, anti radang, sekaligus memberikan efek anti nyeri.

Berikut adalah manfaat dari beberapa minyak esensial:

 

  • Mengatasi Insomnia (Lavender)

 

Minyak ini merupakan salah satu minyak yang memiliki banyak manfaat. Selain dapat memberikan efek yang menenangkan, minyak lavender juga dapat mengurangi kadar hormon stress dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa minyak ini mempengaruhi gelombang alfa yang ada di otak, sehingga kita dapat merasa tenang, dan dapat lebih mudah untuk tidur. Bagi kalian yang mengalami insomnia, jangan ragu untuk menggunakan minyak ini.

 

  • Meningkatkan Fokus (Chamomile)

 

Seperti kegunaan chamomile saat diseduh dengan teh, chamomile oil juga memiliki efek menenangkan bagi tubuh dan meredakan kegelisahan yang berlebihan. Minyak ini sangat bermanfaat jika digunakan sebelum melakukan sesuatu yang membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi, karena mampu meningkatkan fokus kita. Untuk kalian yang akan mengerjakan pekerjaan sulit dalam waktu yang lama, jangan lupa gunakan minyak ini, ya!

 

  • Mengatasi Masalah Pencernaan (Peppermint)

 

Saat pencernaan kalian bermasalah, peppermint oil adalah salah satu cara mengatasinya. Secara klinis, peppermint oil memiliki khasiat anti mual dan menenangkan pada lapisan lambung dan usus. Karena itu, peppermint oil digunakan untuk mengurangi sakit perut, mengurangi mual, sampai mengurangi nafsu makan.

 

  • Mengendalikan Gejala Depresi (Lemongrass)

 

Menghirup aromaterapi, khususnya lemongrass oil, dipadukan dengan pijatan lembut terbukti dapat mengurangi tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh stress. Lemongrass oil juga dapat meredakan gejala depresi, salah satunya adalah kecemasan yang berlebihan. Selain itu, oil ini juga mempunyai khasiat yang mirip dengan aspirin, yaitu mampu mengurangi nyeri yang diakibatkan oleh sakit kepala dan migrain. Jika kalian sedang stress berlebihan, luangkan waktu kalian untuk menggunakan oil ini, ya!

Untuk menikmati aromaterapi, tidak hanya dihirup dan dioleskan, kita juga dapat menggunakan diffuser. Selain membuat ruangan menjadi wangi dan memberikan efek yang menenangkan, diffuser juga dapat digunakan sebagai penghias ruangan, lho!

Apakah kamu menggunakan aromaterapi juga?
Ya
Tidak
21 votes

Komentar

Fresh