Kenali Tiga Jenis Rasa Gelisah Pada Manusia | OPINI.id
Kenali Tiga Jenis Rasa Gelisah Pada Manusia

Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir,  tidak tenang, tidak sabar, cemas atau kecemasan. Gelisah atau disebut juga Anxiety adalah suatu emosi yang dikarakteristikkan dari perasaan, pikiran yang cemas, dan perubahan fisik.

Kegelisahan atau kecemasan yang berlebihan apalagi tanpa sebab yang jelas dapat menimbulkan kerusakan yang fatal bagi diri sendiri. Pasalnya banyak orang yang memiliki gangguan kecemasan ini juga bisa mengalami depresi di satu momen dalam hidupnya. 

Sigmund Freud ahli psikoanalisa berpendapat, bahwa ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu kecemasan obyektif, kecemasan neurotik dan kecemasan moril.

1. Kecemasan objektif (kenyataan). Kecemasan  tentang kenyataan ini adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat dari pengamatan atau pernah mengalami suatu bahaya yang mengancam dalam kehidupan seseorang.

Misalnya: Kenyataan yang pernah dialami seseorang, ia pernah terkejut waktu diketahui pada pakaiannya ada kecoa. Keterkejutannya itu demikian hebatnya, sehingga kecoa dianggap sebagai binatang yang mencemaskan dan membahayakan.  

2. Kecemasan Neurotik (saraf). Kecemasan ini timbul karena pengamatan tentang bahaya secara naluriah. Ada 3 kecemasan neurotik yaitu:

  • Kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan, misalnya: takut jika ditinggal sendirian, takut menghadapi lingkungan baru dan lain sebagainya.  
  • Bentuk ketakutan yang tak masuk akal atau biasa disebut juga dengan phobia, misalnya takut saat melihat karet gelang, takut jatuh cinta dan lain sebagainya.
  • Rasa takut yang bisa menimbulkan rasa gugup, gagap, latah dan tingkah laku yang tidak biasanya.

3. Kecemasan Moril. Kecemasan ini biasanya disebabkan karena pribadi seseorang. Tiap pribadi memiliki bermacam-macam emosi antara lain: rasa iri, dendam, dengki,  marah, gelisah, cinta, selalu merasa kurang, merasa takut tidak naik jabatan, tidak naik gaji, takut jika tidak dapat pujian, tidak dianggap hebat, tidak mendapat tempat dan lain sebagainya.

Rasa tersebut merupakan sebagian dari pernyataan individu secara keseluruhan berdasarkan konsep pikiran yang kurang sehat  Oleh karena itu sering alasan-alasan tersebut kurang dapat dipahami oleh orang lain.

Sifat-sifat seperti itu adalah sifat yang tidak terpuji atau sifat yang negatif, bahkan mengakibatkan manusia yang memiliki kecemasan moril ini akan merasa khawatir, takut, cemas, gelisah, putus asa atau bisa juga menjadi manusia yang sombong dan tak peduli pada sekitarnya untuk menutupi kecemasan moril yang dirasakannya.

Sebenarnya, penyebab orang memiliki rasa gelisah maupun kegelisahan yang berlebihan adalah karena pada hakikatnya manusia tersebut takut kehilangan hak-haknya atau takut kehilangan pengakuan dari manusia lain maupun lingkungannya. Hal itu bisa terjadi karena seringnya dianggap sebagai suatu ancaman, baik ancaman dari luar maupun dari dalam dirinya sendiri.

Jika kamu pernah mengalami rasa gelisah atau cemas, masuk jenis yang mana?
Kecemasan objektif
Kecemasan neurotik
Kecemasan moril
5 votes

Komentar

Fresh