5 Cara Cepat Move On dari Liburan | OPINI.id
5 Cara Cepat Move On dari Liburan

Hai, nggak kerasa tahu-tahu kita sudah berada di pekan ke-2 di tahun 2019. Beberapa diantara kalian ada yang sudah masuk sekolah dan ada juga yang masih memiliki masa liburan walaupun sudah mau habis.

Bagi yang sudah masuk sekolah, kalian merasa masih susah move on dari liburan nggak sih? Kalau masih, kira-kira ada cara yang bisa membantu kita untuk cepat-cepat move on dari liburan nggak ya?

Tenang, ada kok. Penulis sudah menyiapkan 5 cara yang bisa membuat kamu cepat move on dari liburan dan mengembalikan semangat belajar. Yuk, langsung aja kita simak selengkapnya.

Re-arrange spot belajarmu di rumah

Pinterest

Bagaimanakah cara kamu belajar di rumah? Apakah kamu belajar dengan meja belajar? Atau, mungkin kamu lebih suka belajar sambil lesehan? Mau bagaimanapun caranya, kamu pasti memiliki spot favorit untuk belajar di rumah.

Nah, untuk menjadikannya salah satu booster dalam menambah semangat belajarmu, kamu bisa mencoba untuk mengubah suasana spot favoritmu itu. Mulai dari menyusun ulang letak buku-bukumu, menambahkan dekorasi di meja belajar seperti pajangan action figure kesukaanmu.

Atau bahkan, sampai mengganti karpet tempatmu lesehan sesuai dengan taste-mu sendiri. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa jenuh. Sebaliknya, kamu akan semangat karena dikelilingi suasana baru yang menyenangkan.

Selain menghilangkan kejenuhan atas suasana yang itu-itu saja, kamu juga bisa mengasah sisi kreativitasmu dengan melakukan ini, lho.

Bersihkan dan rapikan kamar tidurmu

Pinterest

Mungkin kamu memang membersihkan dan merapikan kamar tidurmu setiap hari. Tapi, coba ingat-ingat, kapan terakhir kamu membersihkan kamar tidurmu sampai ke sudut-sudut terkecilnya?

Hmm, padahal penting sekali menjaga kebersihan kamar tidur. FYI, di tempat tidur, bantal, serta karpet di dalam kamar kita terdapat jutaan tungau dan debu, lho! 

Kamar yang bersih akan membuat waktu tidurmu lebih berkualitas. Dengan memiliki waktu tidur yang berkualitas, kamupun akan terhindar dari rasa kantuk saat belajar. Jangan lupa untuk merapikan kamar juga, ya! Kamar yang bersih dan rapi akan membuat mood-mu lebih baik, lho, jadi kamu bisa jadi lebih semangat saat memulai harimu untuk kegiatan apapun, termasuk belajar!

Ini adalah waktu yang tepat untuk membersihkan dan merapikan kamar tidurmu secara total, nih, mumpung sekolah belum dimulai dan kamu belum disibukkan dengan berbagai tugasnya.

Beli alat tulis baru

Pexels

Kalau kamu masih mengantongi sisa uang jajan selama liburan, kamu bisa menyisihkan sedikit untuk membeli alat tulis baru sekalian jalan-jalan ke toko buku di sekitar rumahmu. Pastinya akan lebih hemat daripada jalan-jalan ke department store terus-terusan, kan?

Belilah beberapa alat tulis baru yang bermanfaat dan akan kamu butuhkan di sekolah, seperti notebook dan pulpen. Percaya atau tidak, mengantongi sesuatu yang baru di hari pertama sekolah setelah liburan yang cukup panjang bisa membuat kamu lebih semangat, lho!

Tidak perlu barang-barang baru yang mahal, alat tulis barupun bisa menambah semangat, kok. Menggunakan alat tulis baru bisa membuat perasaanmu menjadi good mood, apalagi menggunakannya di hari pertama sekolah.

Pastikan peralatan hari pertama sekolah sudah lengkap

Pinterest

Duh, ini sih kegiatan paling cliché untuk dilakukan sebelum liburan selesai. Tapi, mau bagaimana lagi, karena selain paling cliché, kegiatan ini juga termasuk kegiatan yang paling penting!

Sebaiknya kamu selalu mempersiapkan peralatan hari pertama sekolah di awal liburan, ya, supaya tidak ‘menganggu’ liburanmu. Lalu, di akhir liburan seperti ini, kamu tinggal memastikan kelengkapannya, deh. Siapkan segala sesuatunya sendiri ya supaya kamu menjadi lebih bertanggung jawab.

Pastikan seragammu sudah disetrika rapi, buku-bukumu sudah siap dibawa di dalam tas sekolah, juga termasuk kesiapan hal-hal kecil seperti ikat pinggang, dasi, topi, sepatu, dan lainnya. Kamu tentu saja nggak mau ada yang tertinggal dan membuat kamu kena hukuman di hari pertama sekolah, kan? Duh, bisa-bisa kamu langsung bad mood dan semangat belajarmu pun hilang.

Manjakan dirimu

Pexels

Ini adalah hal terakhir yang bisa kamu lakukan di sisa liburanmu: memanjakan diri! Di sisa liburan ini, nggak dosa kok kalau kamu mau berlama-lama menghabiskan waktumu untuk hal-hal yang kamu sukai, seperti bermain game, membaca komik, atau nonton drama Korea sampai tamat!

Eh, kegiatan semacam ini memangnya bermanfaat? Hmm, jangan salah, memanjakan dirimu bisa bermanfaat juga, kok! Melakukan kegiatan yang kamu sukai di sisa liburan ini dapat membuat kamu merasa puas akan liburanmu, dan tentu saja kamu akan merasa lebih fresh saat masuk sekolah nantinya.

Kamu juga tidak akan merasa malas karena menganggap bahwa liburanmu tidak cukup, sebaliknya kamu akan lebih bersemangat dan siap untuk belajar di sekolah!

Selamat mencoba ya, teman-teman! Semoga semester ini lebih baik lagi dari semester sebelumnya, ya!

Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/ayo-move-on-dari-liburan/ 

Penulis: Evita

Kamu tipe yang mana?
Liburannya masih kuraaang
Cepet-cepet masuk sekolah aja, liburan juga nggak ngapa-ngapain
2 votes

Komentar

Fresh