Perban Bertenaga Listrik, Sembuhkan Luka Lebih Cepat | OPINI.id
Perban Bertenaga Listrik, Sembuhkan Luka Lebih Cepat

Beberapa ilmuwan menemukan fakta bahwa listrik dapat digunakan untuk penyembuhan luka kulit. Namun, biasanya pasien harus dihubungkan dahulu ke mesin elektroterapi.

Namun kini para peneliti Amerika Serikat dan Tiongkok telah bekerja sama dalam  mengembangkan sebuah perban bertenaga listrik. Peneliti mengatakan, perban tersebut dapat dipakai seperti perban pada umumnya.

Peneliti mengatakan perban ini dapat meningkatkan keberlangsungan hidup fibroblast alias jenis sel kulit. Secara efektif perban membuat fibroblast berbaris sehingga mempercepat proses penyembuhan luka di kulit pasien.

Perban tersebut dilengkapi alat berupa elektroda kecil dan nanogenerator yang diikatkan di bagian tubuh pasien. Saat bernapas, gerakan tulang rusuk mengaktifkan nanogenerator untuk mengirimkan gelombang listrik ke luka pasien.

Gelombang listrik dalam perban meningkatkan materi biokimia yang menolong pertumbuhan jaringan. Hasil uji coba pada hewan menunjukkan bahwa luka biasanya sembuh dua minggu, dengan perban ini dapat sembuh dalam tiga hari saja. Para ilmuwan berharap, teknologi ini mampu memberikan hasil yang sama pada manusia.



Komentar

Fresh