Kenali Kode Labelnya Sebelum Membeli Buah | OPINI.id
Kenali Kode Labelnya Sebelum Membeli Buah

Pernahkah kamu berpikir jika stiker yang ada pada buah-buahan atau sayuran impor yang kamu beli di pasar swalayan ini ternyata ada maknanya?  Ternyata stiker yang ditempelkan tersebut memiliki kode tersendiri yang bisa menjelaskan dimana buah ini diproduksi, bagaimana proses buah ini tumbuh, jenis buah, dan berbagai keterangan lainnya.

Label stiker yang menempel pada buah atau sayuran ini disebut sebagai nomor kode PLU (Price Look-Up), biasanya, angka stiker bisa terdiri dari 4 digit dan 5 digit ini juga bisa menandakan bahwa buah-buahan tersebut diimpor dari negara lain.

Dr. Frank Lipman, anggota kesehatan internal Lincoln Hospital New York, menjelaskan adanya 3 kode yang berbeda pada PLU. Kode tersebut digunakan untuk mengkategorikan buah organik, buah konvensional (tumbuh secara tradisional) dan  buah yang telah dimodifikasi secara genetis.

  1. Dimulai dengan angka 9

Jika kode PLU ini terdiri dari 5 digit angka dan dimulai dengan angka 9, maka buah dengan stiker ini dianggap sebagai yang paling baik untuk kamu pilih. Produk buah dengan awalan angka 9 ini ditanam secara organik tanpa menggunakan bahan pestisida lainnya sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

  1. Dimulai dengan angka 8

Jika kode PLU ini terdiri dari 5 digit angka dan dimulai dengan angka 8, ada baiknya kamu tidak memilih buah atau sayuran dengan kode ini, karena buah ini diproduksi dengan genetically modified organism (GMO) yang berarti sudah direkayasa secara genetik. Hal ini berarti, buah ini bukanlah buah alami dan dikhawatirkan memiliki kandungan yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.

  1. Diawali dengan angka 3 atau 4

Jika kode PLU pada buah terdiri dari 4 digit dan dimulai dengan angka 3 atau 4, maka buah ini adalah hasil produk tradisional namun masih menggunakan penyubur tanaman, pestisida, atau bahan kimia lainnya sehingga sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan residu pestisida, kuman maupun bakteri.

Jika kamu pernah membeli buah atau sayuran impor yang tak ada stiker kodenya, tetaplah berhati-hati, bisa saja ini berbahaya. Buah atau sayuran impor seharusnya memiliki label stiker pada tiap buah atau sayuran yang dijual. Kalau tidak ada label sama sekali, kemungkinan telah dilepas karena alasan tertentu. 

Apakah penjelasan ini membantu kamu jika suatu saat membeli buah impor?
Membantu banget
Biasa aja
Ga ngaruh
87 votes

Komentar

Fresh