Pergantian Tahun, Longsor Timbun Satu Kampung di Sukabumi | OPINI.id
Pergantian Tahun, Longsor Timbun Satu Kampung di Sukabumi

Malam pergantian tahun saatnya orang-orang bersuka cita menikmati kemeriahan malam tahun baru. Namun tak semua orang dapat menikmati hal tersebut, pasalnya bencana bisa datang tiba-tiba tanpa diduga. Seperti juga yang dialami warga di desa Sinaresmi Sukabumi yang harus melewati malam tahun baru dengan suasana duka.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan evakuasi terhadap korban longsor yang terjadi di kampung Cimapag, desa Sinaresmi kecamatan Cisolok, kabupaten Sukabumi yang terjadi Senin (31/12/2018) sore, masih terus dilakukan.

Hujan deras yang turun dikawasan tersebut membuat kadar aliran air jenuh menyebabkan longsor di perbukitan dan materialnya meluncur menuruni lereng kemudian menimbun 34 rumah di bagian bawahnya. 

Hingga Selasa (01/01/2019) dini hari, sekitar pukul 02.30 WIB tercatat 32 KK (107 jiwa) terdampak longsor. Laporan sementara, 2 orang meninggal dunia, 3 orang mengalami luka-luka, 41 orang belum ditemukan dan 61 orang kini berada pengungsian.

Senin malam evakuasi terkendala cuaca hujan lebat dan kondisi gelap karena listrik padam serta sulitnya komunikasi melalui perangkat seluler. Selain itu, akses jalan menuju lokasi longsor juga jalanannya terjal dan berbatu menyulitkan evakuasi.

Pagi ini, Selasa (01/01/2019), BPBD Kabupaten bersama TNI, Polri, Basarnas, aparat setempat, relawan dan masyarakat akan kembali bertugas melakukan evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban longsor.  

Komentar (1)

Fresh