Mengapa Logo Resto Cepat Saji Berwarna Merah? | OPINI.id
Mengapa Logo Resto Cepat Saji Berwarna Merah?

Saat kamu sedang jalan-jalan atau berlibur pasti sering melihat logo restoran cepat saji yang terlihat memiliki kesamaan. Kesamaan tersebut yaitu terdapat pada logonya hampir selalu menggunakan corak warna merah. Nah kenapa kebanyakan logo restoran cepat saji berwarna merah?

Warna menjadi salah satu dari teknik yang digunakan oleh perusahaan untuk lebih terhubung dengan konsumennya. Namun dibandingkan dengan makanannya sendiri, kita pasti akan lebih mudah mengingat bagaimana bentuk logo dan apa warna yang digunakan. Dan ‘merah’ telah menjadi warna teratas yang sangat sulit untuk ditolak oleh otak manusia.

Rata-rata manusia dapat melihat lebih dari 10 juta warna yang berbeda-beda, namun ‘merah’ sangatlah spesial. Ternyata warna yang mencolok ini adalah warna pertama yang ditemukan oleh para leluhur kuno kita. Selain warna hitam, putih, dan abu. Para leluhur kita pertama kali melihat warna mencolok, adalah warna ‘merah’ yang mereka lihat dari api dan darah.

Bagi manusia, ‘merah’ memiliki keterkaitan yang lebih dibandingkan dengan warna lainnya yang ada pada spektrum warna. Karena itulah kita akan bereaksi lebih jika dibandingkan ketika melihat warna lainnya. Hal inilah yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan makanan cepat saji untuk mendapatkan keuntungan.

Para peneliti menemukan fakta bahwa, warna ‘merah’ dapat memberikan rasa kepada manusia bahwa yang dilihatnya itu adalah suatu hal yang penting. Warna ini juga memiliki efek sugestif yang membangkitkan selera kita. Sehingga saat dua hal tersebut digabungkan, maka kita akan punya resep yang sempurna untuk menarik pelanggan yang lapar. 

Tahukah kamu jika syaraf otak lebih cepat bereaksi dan terbiasa merekam warna merah?
Tahu
Baru tahu
Ga tahu
486 votes

Komentar

Fresh