Liburan Akhir Tahun Dompet Nggak Jebol. Gimana Caranya? | OPINI.id
Liburan Akhir Tahun Dompet Nggak Jebol. Gimana Caranya?

Ketika liburan tiba, pastinya kamu ingin traveling dan bersenang-senang. Saking ingin bersenang-senang, kamu kadang menjadi kalap dan tidak memperhitungkan isi kantongmu. Hasilnya, uang jajan atau tabunganmu habis begitu saja saat liburan. Padahal, selama liburan, orang tuamu memotong jatah uang jajan lantaran berkurangnya aktifitas sekolah.

Kamu pasti bingung bagaimana menyiasati keadaan itu kan? Nah, untuk itu, simak tips mengatur uang jajanmu agar tidak cepat habis saat ber-traveling semasa liburan sekolah di bawah ini.

1. Rencanakan Pembiayaan Liburanmu

Pexels

Sebelum liburan sekolah tiba, hendaknya kamu sudah merencanakan hendak melakukan apa selama liburan. Kalau kamu ingin traveling, kamu harus tahu detil pembiayaan yang harus dikeluarkan.

Mulai dari ongkos makan, tempat menginap, perjalanan, hingga biaya tak terduga. Buatlah anggaran secara spesifik agar kamu tahu untuk apa saja uangmu nanti. Dengan memiliki rencana pembiayaan itu sejak jauh-jauh hari, kamu bisa mengumpulkannya dengan menghemat uang jajan selama sekolah.

Selain itu, perencanaan itu akan sangat membantumu untuk mengontrol keluarnya uang saat traveling. Dengan demikian, kamu tidak akan mengeluarkan uang untuk membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan.

2. Beli Oleh-oleh Seperlunya

Pexels

Ketika kamu traveling, pasti ada keinginan untuk membeli oleh-oleh atau suvenir. Baik itu untuk kenang-kenangan ataupun untuk dihadiahkan kepada orang yang kamu sayangi.

Namun, usahakan kamu tidak memusingkan daftar pembelian barang-barang suvenir. Sebab, anggaran itu nantinya akan meledak dan membuat uang jajanmu menjadi cepat habis.

Oleh sebab itu, kamu harus mengurangi daftar suvenir liburan. Usahakan untuk membeli barang seperlunya. Sedikit saran untukmu, kalau kamu traveling, belilah suvenir yang identik dengan lokasi traveling-mu. Jangan membeli barang-barang yang kiranya sudah pasti ada di mana-mana. Dengan begitu, kenanganmu akan tempat itu akan terwakili oleh suvenir yang kamu beli.

3. Riset Lokasi Tujuan Liburanmu

Unsplash

Sebelum liburan, ada baiknya kamu melakukan riset mengenai lokasi wisata yang ingin dituju. Mulai dari rute perjalanan, angkutan umum apa saja yang ada di sana, hingga lokasi foto ciamik yang bisa kamu gunakan untuk melakukan selfie atau swafoto.

Dengan melakukan riset tersebut, kamu bisa menyusun rundown kegiatanmu selama traveling. Manfaatnya, kamu akan dapat memaksimalkan waktu liburan yang ada dan mengurangi potensi pengeluaran budget yang berlebihan.

Kalau kamu pergi bersama teman-temanmu, pastikan kalau rundown yang kamu buat sudah berketerima dengan teman-temanmu. Kamu perlu melakukan hal itu agar saat traveling, kamu dan teman-temanmu bisa menikmati liburan secara maksimal.

4. Pilihlah Penginapan Homestay

Pexels
Soal penginapan, tentunya kamu tidak ingin salah pilih saat traveling. Kalau budget kamu cukup besar, menyewa hotel memang menjadi pilihan yang baik. Namun, kalau kamu ingin berhemat, ada baiknya kamu memilih penginapan homestay .

Alasan utama untuk menginap di homestay ialah harganya jauh lebih murah ketimbang menginap di hotel. Selain itu, kamu pun akan memiliki pengalaman unik selama menginap di penginapan homestay. Pengalaman itu di antaranya, kamu bisa lebih mengenal kebiasaan warga setempat, mamahami tradisi masyarakat secara langsung, dan bisa menikmati keindahan lingkungan yang ada.

Meski begitu, ketika kamu memutuskan untuk menginap di penginapan homestay, usahakan jangan berekspektasi tinggi. Sebab, tidak semua penginapan homestay memiliki fasilitas lengkap selaiknya hotel. Untuk itu, kamu harus melakukan persiapan tertentu sebelum berangkat berlibur.

5. Kurangi Cemilan

theconversation.com

Siapa sih yang tidak menyukai cemilan apa lagi yang ada micin-micinnya. Ketika kamu traveling saat liburan, usahakan kurangi kebiasaan tersebut. Sebab, nyemil akan membuat kamu menjadi boros.

Untuk itu, kamu cukup menyiapkan cemilan yang cukup dan tidak berlebihan. Kalau bisa, cemilan yang kamu bawa harus dilihat dari isinya. Jangan sampai kamu membeli cemilan yang isinya lebih banyak angin ketimbang cemilan­-nya.

Selain itu, kamu harus mengurangi membeli minuman kemasan untuk perjalanan. Lebih baik, kamu menyiapkan stok air putih atau air mineral. Lebih murah dan tentunya tidak membuat tenggorokan gatal saat diminum.

Selain itu, ketika airnya habis, botolnya bisa kamu isi ulang dengan air putih di tempat makan secara gratis. Jadi, kamu tidak perlu keluar uang berlebihan hanya untuk minum.

6. Pilihlah Tempat Makan Murah

nomad4ever.com

Setiap tujuan wisata tentunya memiliki makanan yang khas. Untuk dapat merasakannya, kamu tidak perlu memilih restoran mahal. Ada banyak warung makan yang menyediakan makanan khas daerah tujuanmu. So, untuk menghemat budget-mu, ada baiknya kamu makan di warung makan murah meriah.

Sebelum memilih warung makan, ada beberapa hal yang harus kamu pastikan. Pertama, terjangkau dengan angkutan umum. Kedua, kalau kamu membawa kendaraan, pastikan lokasi warung makan itu memiliki tempat parkir atau minimal ada tempat parkir tidak jauh dari warung tersebut.

Ketiga, harganya bukan harga tembak. Poin ini sangat penting kamu cari tahu sebelum menuju warung makan. Sebab, ada kalanya, warung makan pinggir jalan menembak harga jauh lebih mahal daripada restoran ternama di daerah tersebut.

Keempat, pastikan tempat tersebut aman dari segala potensi tindak kejahatan. Setelah memastikan beberapa hal tersebut, kamu dapat menikmati makan murah, nyaman, dan aman.

Nah! Itulah beberapa tips menghemat uang jajan selama traveling saat liburan. Semakin siap persiapanmu, tentunya semakin menyenangkan liburanmu. Selamat liburan dan selamat tahun baru!

Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/mau-hemat-traveling-saat-libur-sekolah-ikuti-6-tips-ini/

Penulis: Muhammad Khairil

Tahun Baru Liburan Kemana?
Wira Wiri Ke Luar Kota
Wira Wiri di Medsos
57 votes

Komentar

Fresh