Usai Tsunami,Kini Dentuman Keras, Ada Apa Dengan Indonesia? | OPINI.id
Usai Tsunami,Kini Dentuman Keras, Ada Apa Dengan Indonesia?

"Apabila pemimpin-pemimpin negara dan para ulama itu baik, maka baiklah alam; dan apabila pemimpin-pemimpin negara dan para ulama itu rusak, maka rusaklah alam dan negara (masyarakat dan negara)."

Sekiranya itulah kutipan dalam buku karya KRH Hadjid, Pelajaran Kiai Haji Ahmad Dahlan 7 Falsafah & 17 Kelompok Ayat Al-Qur'an, terbitan tahun 2018 Suara Muhammadiyah, yang mirip dengan sahabatnya yaitu Kiai Dahlan.Meski masih ditelusuri, apakah kutipan ini benar dari Kiai Dahlan atau tidak, tapi kalimat diatas disebut seolah-olah menegaskan bahwa alam yang dimaksud adalah alam sosial atau masyarakat.

Bicara soal musibah, Indonesia di tahun 2018 paling banyak diserbu oleh bencana alam dan sebagainya. Gempa NTB, Tsunami Palu dan sekitarnya, belum lagi likuifaksi. Dan juga aktifnya beberapa gunung berapi di Indonesia. Paling terbaru adalah bencana tsunami di Anyer yang menewaskan ratusan orang.

Kini yang paling heboh terjadi di Sumatera Selatan heboh dengan suara dentuman keras yang terjadi di beberapa wilayah kabupaten/kota sebanyak lima kali. Berbagai spekulasi pun mulai muncul menanggapi misteri suara tersebut, mulai dari dihubungkannya dengan aktivitas anak Gunung Krakatau hingga adanya latihan tempur dari jajaran TNI di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Stasiun Kenten Palembang menyatakan, dari pantuan Citra Radar dan Satelit Cuaca pada Sabtu (24/12/2018) kemarin, tidak ada indikasi parameter cuaca yang menyebabkan suara di Kabupaten OKU.
Secara terpisah, Kepala Pos Pengamat Gunung Api Dempo dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Mulyadimengatakan, perlu kajian secara ilmiah untuk memastikan sumber suara dentuman keras di Kabupaten OKU.

Menurutmu ini suara anak gunung krakatau apa bukan?
Bukan
Bisa jadi
Gak tahu
1914 votes

Komentar (8)

Fresh