Cara Asyik Mengenalkan Dunia Sains Pada Anak | OPINI.id
Cara Asyik Mengenalkan Dunia Sains Pada Anak

Anggapan bahwa sains adalah sebuah pelajaran yang sulit kerap kali menimbulkan rasa takut sebelum anak-anak mulai mempelajarinya. Padahal sains adalah pengetahuan yang mempelajari tentang objek alam maupun fisik yang ada di kehidupan sehari-hari.

Sejak dini, anak-anak di rumah sudah diperkenalkan dengan berbagai bentuk benda, bentuk bulat, kotak, segitiga dan sebagainya. Setelah mengenal perbedaan bentuk, mereka juga diajarkan untuk membandingkan ukuran benda-benda tersebut mulai dari ukuran yang terkecil hingga besar.

Saat bermain di luar, orangtua juga bisa menjelaskan tentang cuaca dan tanda-tanda perubahannya. Misalnya saat cuaca cerah/ panas berarti sedang ada matahari. Begitu pun ketika awan mulai gelap atau mendung, jelaskan bahwa ini merupakan pertanda akan turun hujan dan jika sedang bermain, artinya anak harus kembali ke rumah. Beri tahu mereka apa saja yang bisa terjadi saat hujan. Kenapa muncul pelangi dan sebagainya.

Aplikasi sains juga meliputi fakta, konsep, teori, prinsip dan hukum. Di usia dini, anak-anak bisa belajar dengan konsep sederhana dengan bermain air, memasukan air ke dalam wadah, menyimpan di dalam freezer, menuang air dari tempat yang lebih tinggi. Dengan begitu anak bisa belajar sifat-sifat air.

Aplikasi lain juga bisa diwujudkan dalam bentuk karya teknologi. Lampu, smartphone, TV, Radio dan benda-benda lainnya. Biarkan mereka melakukan eksperimen dan berikan beberapa pertanyaan agar si kecil bisa menjelaskan cara kerjanya sesuai dengan eksperimen yang mereka lakukan. Pandu mereka dengan menyediakan buku-buku sains untuk anak usia dini jika si kecil mengajukan pertanyaan yang lebih mendalam.

Pengetahuan awal yang diperoleh dari orang tua di rumah merupakan pendidikan informal yang  bermanfaat sebagai modal berpikir, melatih sebab akibat, melatih anak untuk berpikir logis hingga melatih sistem motorik mereka.

Sudah menerapkan ini belum untuk anak/ keponakan di rumah?
Sudah
Belum
6 votes

Komentar

Fresh