Gak Semua Makanan Harus Masuk Kulkas | OPINI.id
Gak Semua Makanan Harus Masuk Kulkas

Hampir di semua rumah pasti kalo nyimpen makanan, ya di kulkas. Selain tujuannya buat makanan lebih awet, kulkas juga bisa jaga kesegaran dan kandungan makanan. Tapi gak semua bahan makanan juga ya bisa masuk ke dalam kulkas. Niatnya biar jauhin dari kuman dan bakteri, salah-salah kalian justru menuai penyakit kalo kalian gak bener ngatur isi kulkas.

Nih Opini punya tips guys buat nyimpen makanan dalam kulkas. Cekidoootttttt…….

Baca juga:

    1. Suhu kulkas

    Sebelum makanan masuk kulkas, kalian harus perhatiin dulu suhu kulkasnya ya guys. Udah bener apa belum. Kalo kalian simpen bebuahan dalam kulkas tapi cepet banget busuknya atau kalian simpen es krim tapi tetep mencair walau udah disimpan dalam freezer, itu tandanya ada yang salah dengan suhu kulkasnya.

    Berdasarkan petunjuk dari badan pengawas obat dan makanan Amerika, suhu kulkas yang bener itu sebaiknya berada atau di bawah 4 derajat Celsius. Nah, kalo buat suhu freezer sebaiknya di angka -18 derajat Celsius.

    2. Buah belum matang jangan masuk kulkas

    Nih guys yang perlu diinget, kalo buah yang belum matang gak perlu masuk ke dalam kulkas.

    Menyimpannya di dalam kulkas, hanya akan memperlambat proses pematangan buah. Namun kalo buah udah matang, baru deh kalian bisa simpen di kulkas buat pertahankan kesegarannya. Eh tapi inget, jangan sampe lupa dan membusuk yaaaaawww….

    3. Gak semua makanan bisa masuk kulkas

    Kalo kalian masukin semua jenis makanan ke kulkas, tandanya kalian udah salah nih guys. Sebab ada beberapa sayuran dan bebuahan yang sebaiknya gak kena suhu dingin dari kulkas. Salah satunya ada kentang dan ubi yang bisa terasa manis menyengat dan teksturnya yang lembut bisa berubah jadi lebih kasar dan keras bila terpapar suhu dingin kulkas, atau bawang yang aromanya juga bisa nyebar dan mengganggu aroma makanan lain yang ada di dalam kulkas.

    4. Jangan simpan makanan matang dekat bahan mentah

    Untuk kurangi potensi cemaran mikroba di dalam kulkas, sebaiknya kalian jangan simpen masakan berdekatan dengan barang mentah ya. Aroma dari bahan mentah juga bisa nyebar ke makanan.

    5. Tutup makanan sebelum disimpan di dalam kulkas

    Nempatin makanan dalam keadaan terbuka sangat ga direkomendasiin ya guys, sebab dapat memicu berkembangnya mikroba lebih cepat. Jadi, ketika menyimpan makanan perlu pake wadah kaca/plastik tertutup, biar makanan lebih tahan lama dan kesegarannya juga terjaga. Bisa juga kasih label biar gak lupa kapan waktu belinya.

    Jangan lupa buat praktekin di rumah ya guys, see yoooouuuuuuuuuuuuuu…………

    Komentar

    Fresh