Bocah Polandia Bikin Klub Untuk Lindungi Orangutan Indonesia | OPINI.id
Bocah Polandia Bikin Klub Untuk Lindungi Orangutan Indonesia

Kampanye untuk melestarikan orangutan dari kepunahan bisa dilakukan siapa saja, termasuk bagi orang yang tidak tinggal di Indonesia sekalipun.

Berdasarkan catatan Orangutan Information Center (OIC) pada Agustus 2018,  populasi orangutan di Sumatera hanya sekitar 13.600 ekor dan orangutan Tapanuli tersisa hanya 800 ekor saja.

Baca juga:

    Kondisi ini mencuri perhatian gadis cilik asal Polandia. Bocah delapan tahun bernama Majka Mulak, mendirikan klub untuk mengampanyekan perlindungan orangutan di Indonesia dari kepunahan.  

    Ide pendirian klub ini tercetus setelah ibunya membacakan sebuah artikel mengenai 25 orangutan yang mati setiap harinya akibat penebangan hutan untuk budidaya kelapa sawit.

    Klub yang diberi nama Orangutan Protection Club bertujuan menurunkan angka kerusakan habitat asli orangutan di Indonesia. Tak hanya itu, ia juga melakukan tindakan nyata dengan meminta ibunya berhenti membeli produk yang mengandung minyak sawit. 

    Majka juga turut mengajak teman-teman di sekolahnya untuk mendukung kampanye tersebut dengan menawarkan sertifikat buatan tangan bagi teman-temannya yang bersedia bergabung dengan klub-nya. Kampanye ini juga ia posting lewat laman Facebook "Klub Ochrony Orangutanow"

    Rasa cinta dan kepedulian Majka pada orangutan, membuat dirinya diundang dalam forum COP24 yang pada Desember 2018 ini diselenggarakan di Katowice, Polandia. COP24 merupakan Konferensi ke-24 PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCC) yang beranggotakan negara-negara yang telah meratifikasi Konvensi.

    Sebagai anak muda Indonesia apa yang sudah kamu lakukan untuk membantu melestarikan orangutan dari kepunahan?
    Berdonasi
    Turut berkampanye dan mengedukasi
    Mendirikan komunitas
    41 votes

    Komentar

    Fresh