Bocah SD Buat Alat Pembersih Sepatu Otomatis | OPINI.id
Bocah SD Buat Alat Pembersih Sepatu Otomatis

Mengembangkan gagasan dan kreativitas bisa berawal dari hal sederhana, seperti juga Muhammad Akbar yang awalnya ingin membantu petugas kebersihan sekolah yang kerap kesulitan membersihkan lantai karena tanah liat dari sepatu siswa maupun guru.

Pasalnya halaman sekolah Akbar masih berupa tanah merah, saat musim hujan tanah jadi becek dan membuat sepatu siswa serta guru kotor sekaligus mengotori lantai kelas.

Hingga akhirnya siswa kelas 5 yang bersekolah di SD Syafana Islamic School, Gading Serpong, Tangerang ini mengembangkan ketertarikannya di dunia robotik dengan membuat alat pembersih sepatu otomatis yang dirancangnya sejak 2017 lalu.

Menurut bocah yang fasih berbahasa Inggris dan Arab ini, bersama seorang mentor, selama kurang lebih 2 bulan ia menyelesaikan proses penemuan ini hingga menjadi alat siap pakai dengan biaya Rp1 juta.

Alat berbentuk kotak ini dilengkapi sejumlah komponen mulai dari alat sensor ultrasonik, motor wiper, switch, lampu LED, relay, dan papan pemrograman otomatis. 

Akbar yang juga tercatat sebagai siswa Hafizh Al-Quran (Penghafal Alqur’an) ini, menjelaskan, ketika mengenali ada orang yang berdiri di depan kotak ini maka sensor ultrasonik akan aktif dan mati secara otomatis. Saat sensor otomatis aktif maka alat akan bergerak untuk membersihkan alas sepatu.

Cukup memasukkan kaki satu per satu untuk dibersihkan dalam waktu empat detik. Semakin kotor sepatunya, maka proses membersihkan akan lebih lama. Keren kan..!

Nah, lebih kerennya lagi, produk buatan Akbar ini berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi robot Kalbe Junior Scientist Award 2018 dan penghargaan Special Award on Life Science 2018 di ajang Youth Science Innovation Fair yang diselengarakan LIPI.

Setuju ga jika memperkenalkan dunia sains sejak dini akan membuat anak mampu berfikir kritis?
Setuju sekali
Ragu-ragu
Tidak setuju
86 votes

Komentar

Fresh