Gangguan Jiwa yang Intai Kaum Milenial | OPINI.id
Gangguan Jiwa yang Intai Kaum Milenial

Fisik terlihat oke, tapi urusan mental tidak ada yang tahu. Banyak orang yang justru tidak begitu perhatian dengan kesehatan mentalnya dan lebih memikirkan fisik. Padahal keduanya harus berjalan seirama. Soalnya nih, kalau ketahanan mental seseorang gak dijaga, bisa mungkin alami gangguan jiwa.

Tapi banyak juga penyebab terjadinya gangguan kesehatan mental. Selain depresi, stres dan tekanan atau karena terlalu memikirkan sesuatu. Faktor genetik, trauma psikologis, cedera otak ringan, pengguna obat-obatan terlarang juga jadi bisa picu datangnya gangguan kesehatan mental.

Dirangkum dari berbagai sumber, Riset Kesehatan Dasar di tahun 2013, menemukan bahwa terdapat sekitar 14,4 juta penderita gangguan jiwa di Indonesia. Sebagian besar gangguan jiwa dialami oleh kaum milenial. Nah, ada beberapa jenis gangguan jiwa yang umum di sekitar kita.

1 Bipolar & Kecemasan

Untuk bipolar biasanya karena stres,depresi dan frustasi sama tekanan hidup. Biasanya orangnya sangat sensitif dan bisa mengalami perubahan suasana hati secara tiba-tiba. Misalnya saja dari tertawa jadi menangis dan bersedih saat berkumpul dengan teman-teman.

Untuk kecemasan biasa terjadi karena munculnya perasaan cemas yang berlebihan. Orangnya gak selow, selalu cemas. Denyut nadi meningkat, keringat dingin, dan gemetar adalah tanda penyakit kecemasan itu muncul.

2. Anoreksi dan Anti Sosial

Anoreksia biasanya cenderung menyerang kaum wanita. Mereka biasanya gak pernah puas sama berat badannya jadinya depresi dan cemas hingga akhirnya memutuskan untuk menolak makan hingga badannya benar-benar tersisa tulang saja.

Nah, anti sosial pasti kamu pernah dengar atau mungkin pernah mengalaminya? Biasanya terjadi sama anak-anak muda nih. Ini masuk ke dalam gangguan kepribadian, gangguan jiwa ini disebut sociopathy. Biasanya suak sinis, gak ada empati, dan bodo amat sama sesuatu di sekitarnya.

3. Self Injury

"yaudah kita putus aja!" Langsung deh marah, emosian sampai-sampai berani melukai diri sendiri hanya karena hal beginian. Penderita gangguan ini juga kerap memiliki tingkat keagresifan yang tinggi, sangat sensitif dan membenci dirinya sendiri. Banyak pemicunya tapi yang paling sering terjadi karena cinta.

4. PTSD (Post Traumatic Stress Disorder)

Gangguan kesehatan mental yang ini biasanya terjadi karena dirinya pernah alami kejadian yang benar-benar membuatnya jadi ketakutan dan tidak nyaman sama sekali. Bisa dibilang, masa lalu jadi penyebab munculnya penyakit ini mulai dari kasus pelecehan seksual, bencana alam ataupun kejadian mistis yang cukup membuatnya jadi orang yang sangat ketakutan dan paranoid.

Kamu sendiri peduli gak sama kesehatan mentalmu?
Peduli dong
Gak
117 votes

Komentar

Fresh