7 Hewan dan Senjata Mematikannya Untuk Bertahan Hidup | OPINI.id
7 Hewan dan Senjata Mematikannya Untuk Bertahan Hidup

Sebagai pelindung diri dan agar mampu survive di alam liar, beberapa hewan dianugerahi senjata yang mematikan. Senjata yang dimiliki dapat berfungsi untuk langsung melawan musuh ataupun berfungsi sebagai peringatan atau ancaman ketika ada musuh yang mendekat.

Kita bisa melihat hewan-hewan yang memiliki senjata dari kenampakan fisiknya, bisa berupa tanduk, cakar, dan lainnya. Namun, tidak semua senjata pada hewan mampu kita lihat secara kasat mata. Ada beberapa hewan yang jika dilihat dari fisiknya nampak tidak berbahaya namun tetap menyimpan senjata rahasia yang mematikan. 

Berikut adalah hewan-hewan yang memiliki senjata mematikan di tubuhnya yang tidak mampu kita lihat secara kasat mata.

1. Ikan Batu

Senjata rahasia: pisau lipat

Dikenal sebagai jawara kamuflase yang menghuni perairan Indo-Pasifik,  ikan batu merupakan salah satu hewan yang paling beracun di lautan. Tapi, racun yang dimiliki ikan batu itu belum seberapa. Studi terbaru mengungkapkan ternyata ikan batu juga memiliki pisau lipat yang tersembunyi di bagian wajah mereka!!!

Senjata yang disebut dengan pisau lipat ini sebenarnya merupakan tonjolan tulang yang terletak persis di bawah mata mereka. Nah, yang membuat ikan batu ini unik, mereka bisa memunculkan dan menahan ‘pisau’ yang mereka miliki seperti mengacungkan pisau lipat ke arah musuh yang mengancam kehidupannya.

Hal ini seperti yang dijelaskan oleh pemimpin studi, W. Leo Smith yang merupakan seorang ahli biologi evolusioner di Unviersity of Kansas di Lawrence, “Yang membuatnya unik adalah mereka bisa memunculkan dan menahannya, seakan mengacungkan pisau ke arah calon predator.” Wow, ini seram atau keren, ya?

2. Ular Stiletto

Senjata rahasia: gigitan samping

Kebanyakan orang bakalan merasa takut saat bertemu dengan ular nggak sih? Kamu termasuk salah satunya kan? Tapi, ular yang satu ini bakal semakin membuat kamu setakut itu, kenapa?

Soalnya, berbeda dengan ular lainnya, ular berbisa yang biasa hidup di kawasan Afrika Timur dan kawasan Timur Tengah ini bahkan tidak perlu memberi peringatan dengan membuka mulut untuk menggigit musuhnya.

Sendi peluru yang dimiliki oleh rahang ular stiletto ini memungkinkan taringnya untuk berputar keluar dan merobek musuh secara tak terduga tanpa perlu membuka mulutnya. Nggak kebayang ya kalo papasan sama ular yang satu ini.

3. Kadal Air Spanyol

Senjata rahasia: duri-duri samping

Pada tahun 2009, Egon Heiss dari University of Vienna menemukan bahwa kadal air spanyol dapat memutar rusuk-rusuknya ke arah depan hingga menonjol dari kulit seperti duri. Duri-duri yang menonjol ini berfungsi sebagai pertahanan diri terhadap predator yang mengancam nyawanya.

Selain duri-duri samping ini, kadal air spanyol juga mengeluarkan zat yang lengket dan beracun melalui pori-porinya untuk menempatkan lawan mereka ke dalam bahaya yang lebih besar.

4. Pithoui Bertudung

Senjata rahasia: bulu-bulu beracun

Spesies burung pithoui bertudung yang berasal dari Papua Nugini ini memiliki cukup racun pada bulu-bulu dan kulitnya untuk mengenai tangan seseorang saat memegangnya. Terkena racun burung ini di wajah atau mulut dapat menyebabkan sensasi terbakar dan mati rasa jika jumlahnya cukup banyak.

Fakta sains menakjubkan ini diketahui dari Jack Dumbacher, kurator di Ornitology and Mammalogy Department at California Academy of Sciences.

Dumbacher menemukan pertahanan kimiawi burung tersebut di awal tahun 1990-an dan ia juga pernah mengalami efeknya secara langsung, Quipperian.

Burung pithoui bertudung ini memanfaatkan racun yang sama dengan katak panah dari genus Phyllobates. Hanya dengan menyentuhnya saja, kita bisa mengalami gejala alergi. Kemungkinan burung pithoui ini mendapatkan racun tersebut dari memangsa kumbang mylerid beracun.

5. Siput Kerucut

Senjata rahasia: harpun mematikan

Siput kerucut memiliki semacam selang yang terlihat seperti belalai gajah dan berguna untuk menyedot makanan yang dinamakan harpun. Harpun yang dimiliki ini pun serupa dengan jarum.

Dengan harpun ini, siput kerucut dapat menembakkan racun pelumpuh ke arah mangsa ataupun musuh lebih cepat dari yang dapat terlihat oleh mata.

Mangsa ataupun musuh yang tak berdaya kemudian disedot melalui ‘belalai’ yang dimiliki oleh siput kerucut. Dan hebatnya lagi, siput kerucut ini dapat memangsa hewan sebesar tubuhnya sendiri.

Begitu beraneka ragamnya kekayaan hayati di bumi ini sampai-sampai hal seperti ini baru kita ketahui. Buat kamu yang sering berada di alam liar, hati-hati ya jika bertemu dengan salah satu hewan di atas.

Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/mapel/biologi/fakta-sains-senjata-mematikan-hewan-liar/

Penulis: Tri Wahyuni

Pernah punya pengalaman buruk dengan hewan liar?
Jangan sampe:(
Pernah!
63 votes

Komentar

Fresh