Fakta Pasukan Rider Pemburu Separatis Egianus di Papua | OPINI.id
Fakta Pasukan Rider Pemburu Separatis Egianus di Papua

31 pekerja di Nduga, Papua tewas ditembaki oleh kelompok separatis Egianus Kogoya pada 2 Desember lalu. Saat ini mereka pun diburu oleh pasukan khusus Raider Kostrad. Jangan kasih ampun pak!

Ini beberapa fakta pasukan Raider Kostrad:

Baca juga:

    Pasukan khusus Raider Kostrad yang diturunkan ke Kabupaten Nduga, memiliki skill khusus untuk memburu pasukan separatis. Spesialisasi mereka adalah menangkal dan membungkam pasukan gerilya.

    Pasukan ini menggunakan senapan serbu yang pendek nan ringan, SS-1 R5 manufaktur pabrik senjata Indonesia, PT Pindad. Dilengkapi dengan teleskop bidik, yang dapat meningkatkan akurasi tembakan yang dilepaskan pasukan Raider Kostrad. Ketika sedang bertempur setiap pasukan Raider memang didoktrin untuk menembakkan peluru secara hemat, jadi senjata mereka hanya digunakan saat sasaran sudah jelas.

    Kostrad.mil.id

    Pasukan Raider Kostrad sudah terlatih untuk melakukan berbagai operasi khusus. Contoh operasi khusus yang dapat dilakukan seperti teknik dril kontak, infiltrasi atau penyusupan, eksfiltrasi, Mobud (mobil udara), Ralasuntai (Operasi di Rawa, Laut, Sungai dan Pantai), raid Baswan (operasi pembebasan tawanan), dan raid penghancuran.

    kostrad.mil.id

    Sebagai pasukan antigerilya, pasukan khusus Raider Kostrad harus selalu siap untuk hidup berhari-hari di hutan belantara demi lancarnya operasi militer yang dilakukan. Mereka harus bisa tidur meski hanya berlindung di bawah selembar matras tipis dalam keadaan apapun.

    Mereka dikenal memiliki endurance serta tenaga yang kuat. Sebagai pasukan yang harus memburu gerilyawan musuh sampai tuntas, mereka dilatih untuk bisa berjalan kaki hingga ratusan kilometer. Oleh sebab itu, latihan lari setiap hari menjadi makanan wajib pasukan Raider Kostrad di setiap markas Batalyon Raider.

    Selain ditutunkan untuk memburu kelompok separatis Egianus Kogoya, pasukan khusus Raider Kostrad yang diturunkan ke Kabupaten Nduga juga bertugas mengevakuasi jenazah korban yang meninggal dunia akibat ditembak oleh kelompok separatis.

    Menurut kamu berapa lama pasukan Raider Kostrad ini mampu memburu Separatis Egianus?
    Kurang dari satu minggu
    Kurang dari dua minggu
    3965 votes

    Komentar (8)

    Fresh