Viral! Ada Gempa Hantu di Hawaii | OPINI.id
Viral! Ada Gempa Hantu di Hawaii


Tiada angin tiada hujan, tiba-tiba saja getaran gelombang seismik terdeteksi ribuan kilometer pada sensor gempa di Afrika, Kanada, Selandia Baru, dan Hawaii.

Anehnya, 'gempa' ini tak dirasakan oleh satu orang pun yang berada di area itu. Menurut Survei Geologi AS secara online, getaran ini terjadi di lepas pantai Mayotte, tepatnya di kepulauan milik Prancis di Samdura Hindia yang posisinya ada diantara Madagaskar dan Afrika.

Survei Geologi AS pun memposting hasil pantauannya di media sosial twitter. Alhasil banyak peneliti diberbagai negara berspekulasi darimana asal gelombang aneh ini.

Sejumlah pihak menduga, kalau ini terjadi karena berbagai faktor. Mulai dari uji coba nuklir, monster laut, hingga meteorit. Tapi Goran Ekstrom pakar gempa dari Universita Columbia menepis semua spekulasi itu.

Dirinya menduga kalau ini adalah gempa yang lambat. Getaran gempa bumi lambat lebih tenang dibandingkan gempa biasa. Soalnya, proses pelepasan tekanan dalam perut bumi terjadi secara bertahap dan berlangsung cukup lama.

Kamu sendiri percaya ini gempa misterius apa gempa lambat?
Misterius
Gempa lambat
325 votes

Komentar

Fresh